Mohon tunggu...
Dizzman
Dizzman Mohon Tunggu... Freelancer - Public Policy and Infrastructure Analyst

"Uang tak dibawa mati, jadi bawalah jalan-jalan" -- Dizzman Penulis Buku - Manusia Bandara email: dizzman@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Akhirnya si Biru Datang Juga

24 Maret 2015   06:04 Diperbarui: 17 Juni 2015   09:10 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Sudah hampir seminggu saya absen dari Kompasiana, ketika sebuah pesan dari admin masuk dan berbunyi sebagai berikut:

Halo Kompasianer,

Mempertimbangkan artikel-artikel yang dibuat anda menginspirasi banyak orang dan memiliki kontribusi besar di Kompasiana.
Kami melakukan centang biru sebagai Kompasianer yang artikel-artikelnya tidak diragukan lagi isinya. Bukan hanya karena keaktifannya dalam menulis di satu bidang atau tema, tapi juga semangatnya dalam menyuguhkan artikel berkualitas kepada para pembaca.

Salam,
Kompasiana

* * * *

Sejujurnya, agak surprise juga buat saya mengingat baru akhir-akhir ini saja tulisan-tulisan saya jadi sering masuk HL, dan rasanya belum pernah sekalipun masuk trending article. Maklum, saya bukan penganut mainstream yang mengikuti arus besar pasar media. Jadi pembacanyapun tidak terlalu banyak dan cenderung segmented, lagipula yang komentar juga tidak pernah lebih dari 10 orang saja per artikel. Artinya saya anggap saja artikel saya sebagai pelipur lara dikala senggang menerpa. Tidak berharap banyak apakah artikel tersebut berguna atau tidak.

Status biru, di satu sisi tentunya membanggakan buat saya mengingat artikelnya menurut perasaan saya biasa-biasa saja, bahkan sebagian mungkin termasuk golongan 'sampah' karena sedikitnya pembaca yang mampir. Artinya admin menghargai jerih payah saya menulis dan saya akan lebih bersemangat lagi memunculkan tulisan-tulisan baru yang lebih segar di sini. Namun di sisi lain, saya harus meningkatkan kualitas artikel demi menjaga kepercayaan yang disematkan admin dengan centang birunya. Dan sebenarnya ini menjadi beban berat juga mengingat saya tidak bisa lagi sembarangan menulis disini, takut dianggap tulisan 'sampah' yang tak berguna untuk dibaca.

Buat kompasianers yang belum dapat centang biru, caranya sederhana saja. Upayakan sering menulis disini, paling tidak seminggu sekalilah, syukur-syukur bisa tiap hari. Supaya bisa nangkring di headline atau trending article, minimal masuk highlight sesering mungkin, caranya:


  1. Buat artikel yang original, unik, kalau bisa belum pernah atau jarang diungkap orang lain
  2. Buat artikel mainstream tapi ambil sudut pandang lain dari artikel kebanyakan
  3. Buat artikel dengan judul yang eye catching alias memancing mata untuk membaca, walaupun kadang isinya tidak seheboh judulnya
  4. Buat artikel dengan tulisan sederhana, mudah dicerna, masuk logika, dan hindari pengulangan kalimat
  5. Buat tag yang bakal sering dicari pembaca
  6. Tunggu nasib siapa tahu admin sedang berbaik hati


Selain itu tentunya sering ikut nangkring bareng kompasianer, supaya admin kenal dengan kita yang sebenarnya untuk memudahkan admin menilai apakah kita layak mendapat verifikasi biru karena sudah melihat langsung orangnya.

Catatan: Koq di page writing di dashboard masih warna hijau ya, memang tidak otomatis berubah semua ya hehehe ......

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun