Mohon tunggu...
diyah novita
diyah novita Mohon Tunggu... pelajar

Nama : Diah Ayu Novita Sari Tempat Tanggal Lahir : Pati 26 Oktober 1999 Alamat : Ds, Waturoyo Rt 02 Rw 01 Kec. Margoyoso Kab. Pati

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penerapan Uswatun Khasanah Sangat Penting dalam Pendidikan Anak di Rumah

2 Desember 2020   16:31 Diperbarui: 2 Desember 2020   16:54 31 0 0 Mohon Tunggu...

PENTINGNYA PENERAPAN USWATUN KHASANAH DALAM PENDIDIKAN ANAK DI RUMAH 

Pendidikan adalah kebutuhan pokok bagi setiap individu, dengan pendidikan seseorang dapat membedakan antara yang benar dan yang salah. Secara bahasa pendidikan atau pendidikan dalam bahasa inggris berasal dari kata Latin "EDUCTUM" yang terdiri dari dua kata yakni kata "E" yang artinya perkembangan sesuatu dari dalam ke luar, dan "DUCO" yang artinya sedang berkembang. Sesuatu dalam hal ini adalah sesuatu yang positif yang dimiliki individu sejak dikembangkan dan dikembangkan menuju sesuatu yang lebih baik.

Pendidikan di rumah sangat penting bagi anak, dalam hal ini yang berperan utama dalam pendidikan di rumah adalah seorang ibu, karena ibu merupakan guru pertama bagi anak-anaknya. Peran pendidikan di rumah menentukan atau membentuk Sikap, Akhlak, Emosi, Kecerdasan, dan Tingkah Laku pada seorang anak. Seorang anak menjadi anak yang cerdas, berakhlak mulia atau bahkan menjadi anak yang bandel, diatur dan tidak sopan tergantung pada pola pendidikan orang tua di rumah.

Anak individu yang lemah yang masih membutuhkan bimbingan dalam perkembangan dan pertumbuhannya untuk menuju manusia dewasa yang sempurna. Keberhasilan dalam mendidik anak tidak terlepas dari sebuah sistem atau metode yang digunakan salah satunya dapat kita ambil contoh dari metode yang digunakan Nabi Muhammad Saw dalam mendidik, yaitu lemah lembut, selalu memberi pujian serta motivasi, dan memperhatikan kondisi, dan mempersingkat kesenjangan  antara guru dan murid, begitu juga penerapan uswatun khasanah dalam pendidikan. Pandangan tentang metode ini sangat dipegang teguh oleh Nabi Muhammad Saw.

Istilah uswatun hasanah berasal dari bahasa arab yaitu Uswah dan Hasanah yang artinya suatu tingkah laku yang baik lagi mulia dan terpuji yang harus dicontoh dan diteladani. Rasulullah Saw di dalam mendidik umatnya lebih banyak memberikan keteladanan, maka dari itu keteladanan dikatakan sebagai metode yang sangat efektif dalam mencapai pendidikan. 

Hal ini senada dengan apa yang dikatakan oleh Abdullah Nashih Ulwan dalam kitabnya Tarbiyatul Aulad Fil Islam: "keteladanan dalam pendidikan merupakan metode yang paling berpengaruh dan terbukti paling berhasil dalam membentuk dan mempersiapkan dari segi aspek moral, spiritual dan etos sosial anak. Hal ini karena pendidik adalah figur terbaik dalam pandangan anak didik, yang tindak-tanduk dan sopan santunnya di sadari atau tidak akan ditiru oleh anak didiknya. "

Karena menurut sebagian pendapat anak itu bagaikan spons,kira kira gambaran otak anak pada masa Windows Of Opportunity yang menyerap apapun yang ada di sekitarnya, air yang diserap inilah diumpamakan sebagai pengalaman-pengalaman yang terjadi entah itu suatu hal yang baik maupun yang buruk . Di sinilah peran orang tua yang memberikan pengalaman kepada anak-anak dan mengenalkan mereka pada aktivitas yang sesuai dengan minat meraka dengan cara menerapkan metode Uswatun Hasanah dalam pendidikan di rumah. 

Dalam metode uswatun khasanah ini yang harus dilakukan oleh orang tua adalah menampilkan keteladanan di hadapan anak melalui perbuatan, tingkah laku, tata cara bergaul dan baik secara internal maupun eksternal dalam bentuk yang sederhana maupun dalam bentuk yang kompleks. Dengan penerapan uswatun hasanah melalui ucapan, perbuatan, tingkah laku yang di desain dengan memberikan keteladanan yang baik akan membentuk pola pikir dan pola kepribadian yang baik pula bagi anak, dan juga akan membentuk dan menghasilkan putra-putri yang menggembirakan. ( Diah Ayu Novita Sari, peserta KKN MDR MADUKARA IPMAFA 2020) 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x