Mohon tunggu...
Dixon Bernard
Dixon Bernard Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

..

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Artikel Opini

19 Agustus 2022   00:27 Diperbarui: 19 Agustus 2022   00:31 100 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Bila ada pertanyaan, apakah olahraga favorit Anda? Dengan cepat saya akan menjawab olahraga renang. Bagi saya renang merupakan olahraga yang menyenangklan sekaligus menyegarkan. Renang dinobatkan sebagai salah satu olahraga terbaik untuk tubuh, karena olahraga yang dipertandingkan dunia ini memberikan banyak manfaat positif, seperti memperkuat otot, membakar kalori, memperlancar peredaran darah, dan melatih pernapasan

Saat usia lima tahun, ayah melihat aku sangat senang bermain air. Di kala itu, hampir setiap minggu ayah mengajakku ke kolam renang dan mengajariku berenang.  Karena kesibukan  ayah bekerja, akhirnya ayah menyewa seorang pelatih renang untuk mengajariku berbagai gaya renang. Awalnya aku diizinkan berlatih renang satu kali dalam seminggu dan kemudian berkembang menjadi tiga kali dalam seminggu. Setelah kurang lebih dua tahun berlatih, akhirnya aku memiliki keberanian untuk mengikuti turnamen. Pada saat perlombaan aku gugup dan tidak percaya diri, sehingga aku kalah. Namun dari pengalaman ini, aku jadi mengetahui bahwa  lomba  hanya  sebuah ajang yang membuktikan keberanianku dan terus berlatih. Jadi, walaupun aku kalah tidak masalah selama aku tidak putus asa dalam berlatih. Saat ini karena kesibukan sekolah, aku hanya berenang di waktu luang pada akhir minggu.

Olahraga renang diperkenalkan pertama kali tahun 1875. oleh Matthew Webb. Matthew menjadi orang pertama yang berenang melintasi Teluk Inggris.  Tahun 1896 olahraga renang berkembang dengan pesat dan dimasukan ke dalam salah satu perlombaan di olimpiade.  Saat itu segelintir orang berenang dengan gaya dada. Kemudian gaya bebas diperkenalkan oleh Richmond Cavill pada 1902 saat mengikuti sebuah kompetisi.  Pada tahun 1908 Federasi Renang Internasional terbentuk di Lausanne, Swiss.  Setelah adanya gaya dada dan bebas, dikembangkan dan muncullah gaya kupu-kupu pada 1930-an.

Di Indonesia, pertama- tama renang diperkenalkan dengan adanya Perserikatan Berenang Bandung yang didirikan pada 1917. Pada tahun berikutnya didirikan Perserikatan Berenang Jawa Barat dan Perserikatan Berenang Jawa Timur didirikan pada 1927.  Sejak itu banyak perlombaan renang antar daerah diadakan. Rekor dalam kejuaraan-kejuaraan ini turut juga dicatatkan sebagai rekor di negri Belanda. Federasi renang di Indonesia sekarang adalah Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau disingkat PRSI yang didirikan pada tanggal 21 Maret 1951.

Tokoh idolaku adalah Richard Sambera (lahir 19 Desember 1971) yang merupakanperenang legendaris dari Indonesia. Berkat prestasinya, Richard dinilai sebagai perenang paling sukses dalam sejarah renang Indonesia. Ia terkenal dari tahun 1980-an, 1990-an dan 2000-an. Ia pertama kali meraih medali emas di ajang SEA Games pada 1989. Sejak saat itu, ia menjadi atlet renang unggulan Indonesia. Di tingkat ASEAN, Richard sukses mendulang 11 medali emas, medali perak pada kejuaraan renang dunia, dan meraih medali perunggu pada Asian Games tahun 1990. Sepanjang karirnya ia total meraih 23 medali emas dari nomor individu dan estafet. Ia juga pernah memegang rekor di nomor gaya bebas 100 meter dengan catatan waktu 23.27 detik yang bertahan selama lebih dari 1 dekade.

Richard sempat menimba ilmu di Arizona State University, Amerika Serikat dan ia telah menyelesaikan gelar Bachelor of Science di Political Science dan Economic. Selama berkuliah di sana ia sempat memperoleh penghargaan All American Divisi I NCAA sebanyak empat kali untuk prestasi renangnya. Ia juga sempat menjadi seorang asisten pelatih untuk tim renang putra di Arizona State University.

Richard berkenalan dengan dunia media ketika bergabung dengan departemen marketing koran lokal di kota Phoenix yang bernama Arizona Republic. Sekitar tahun 2000, setelah kembali ke tanah air, Richard Sambera bergabung dengan salah satu televisi swasta di Indonesia Metro TV dan berprofesi sebagai  pembawa acara berita Metro Sports. Richard juga merupakan pendiri Millenium Aquatic Club, dan sekaligus sebagai Kepala Editor untuk majalah FHM & Men's Fitness Indonesia.

Sekitar tahun 2017, Richard mendirikan perusahaannya sendiri di bidang marketing dan branding yang bertujuan untuk membantu bisnis dan produk-produk UMKM di Indonesia. Perusahaannya ini bernama  KAYA.ID di bawah naungan PT. Lumina Kaya Indonesia. Richard juga meluncurkan brand olahraga sendiri yang diberi nama KEIRON yang diharapkan menjadi pelopor brand pakaian dan perlengkapan olahraga asal Indonesia yang dapat mendunia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan