Mohon tunggu...
Diva Olivia Julyana Nainggolan
Diva Olivia Julyana Nainggolan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPN veteran Yogyakarta

Saya pribadi mennyukai untuk mempelajari hal-hal baru selain itu saya juga sangat suka bermain musik

Selanjutnya

Tutup

Politik

Poltik Suatu Negara Ingin Menjadi Negara Hegemoni Regional

10 Agustus 2022   06:29 Diperbarui: 10 Agustus 2022   06:31 49 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Secara umum hegemoni adalah sebuah tahta maupun kekuasaan yang didapatkan oleh suatu negara, negara tersebut mendapatkannya dari sebuah penggabungan melekat antara suatu kekuatan maupun suatu kepemimpinan sebuah negara yang bersifat moral maupun intelektual. 

Kekuatan demikian memiliki arti jika negara yang tertera meiliki sebuah kendali dan juga pengaruhnya benar-benar kuat jika dibandingkan dengan negara-negara yang lainnya. Negara yang termasuk ke dalam anggota hegemoni regional memiliki sebuah peran yang sangat penting mengenai negara yang lainnya yang hadir di dunia. 

Maka daripada itu, beberapa negara akan melakukan sebuah upaya untuk dapat menegakkan hegemoninya pada saat di hadapkan dengan sebuah kebangkitan di dalam perekonomiannya. Hal tersebut terjadi karena negara itu ingin menjaga posisi dari hegemoni negaranya tanpa ingin tersaingi oleh negara lain.

Negara yang ingin meraih hegemoninya dapat dilakukan dengan cara meraih sebuah upaya yang politis serta mewujudkan pandangannya secara kesamaan akan dunia dan dilakukan oleh seluruh masyarakat negaranya. Dapat dikatakan jika suatu konsep dari hegemoni telah berkembang dan juga dikembangkan pada bidang politik

Hegemoni dapat diartikan secara harfiah merupakan cara mengenai salah satu kelompok sosial meraih sebuah dominasi yang kuat yang dilakukan dengan cara yang lebih propaganda lagi, negara tersebut melakukannya dengan cara menggiring beberapa negara yang lainnya agar mau menyerahkan persetujuannya terhadap negara-negara yang menguasai. 

Hal ini jelas-jelas sangat membantu dalam upaya pemahaman akan kekuasaannya dan juga peran hukum akan bekerja bahkan bersifat mengikat terhadap warga negara. 

Sebuah negara juga dapat menggali konsep mengenai hegemoni yang kemudian digunakan oleh negara itu sendiri dan dijadikan alat bantu untuk menekuni fenomena yang sedang terlaksana pada bidang hukum, contohnya ialah seperti, bagaimana bisa hukum tersebut memiliki peran yang penting seumpama sebuah media yang berfungi untuk mengubah warga negaranya, atau bahkan seperti apa hukum tersebut yang pada akhirnya dapat diterima bahkan dipatuhi secara sukarela bagi warga negaranya.

Contohnya ialah negara Cina yang telah melangsungkan sebuah upaya agar dapat menjadi sebuah kekuatan bagi hegemoni kawasan serta dapat meningkatkan kekuatan dan bahkan pengaruhnya. 

Pada saat itu negara Cina mengeluarkan soft power politik yang berasal dari luar negeri, dan Cina akan memberikan sebuah jaminan mengenai kebangkitannya secara damai tanpa adanya paksaan sama sekali, hal tersebut memberikan cerminan yang bijaksana.

Tidak dapat dipungkiri jika negara Cina bukan saja meningkatkan ekonomi dari negaranya, melainkan negara Cina melaksanakan geopolitiknya terhadap daerah Asia Pasifik pada saat itu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan