Mohon tunggu...
Divandra Sihotang
Divandra Sihotang Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Haloo

Selanjutnya

Tutup

Trip

Berlibur ke Pulau Mursala

20 September 2022   01:20 Diperbarui: 20 September 2022   01:19 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Hai semua, jadi saya akan membagikan pengalaman saya di Pulau Mursala pada Juni 2019 lalu. Pulau Mursala ini terletak di Pulau Mursala terletak di Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara. Air terjun dari pulau inilah yang menjadi daya tarik wisatawan karena unik dan air terjun ini mengalir melalui tebing dan langsung turun ke air laut. Selain itu ada hal yang menarik juga yaitu pulau ini pernah dijadikan lokasi syuting film Hollywood "King kong" yang mungkin pernah di tonton di TV.

Saya berkunjung ke Pulau ini dengan keluarga saya karena lokasi nya tidak terlalu jauh dengan rumah saya yang berada di Sidikalang, Sumatera Utara. Nah, waktu tempuh dari Sidikalang ken pulau Mursala ini kurang lebih 2 jam tergantung kondisi lalu lintas.  Karena lalu lintas lancar dan tidak ada kemacetan kami sampai di tujuan lebih cepat dari perkiraan sebelumnya yaitu 1 jam 43 menit. Saya dan keluarga langsung memesan sebuah perahu di pelabuhan Sibolga, yang dapat menuju ke pulau Mursala tersebut. Sekitar 10 menit menunggu kami pun mendapatkan perahu dan bergegas menuju perahu tersebut. Kenapa kami memesan perahu lagi? karena letak pulau mursala ini di tengah laut dan membutuhkan transportasi seperti perahu untuk sampai pada pulau tersebut. Setelah menaiki perahu, kami sekeluarga di wajibkan menggunakan pelampung untuk keselamatan kami bersama. 

Sekitar 30 menit di perjalanan saya bersama keluarga sampai di tujuan yaitu pulau Mursala, setelah kapal berhenti kami mendapatkan informasi bahwa dapat melepaskan pelampung untuk berfoto dan video akan tetapi jika ingin berenang wajib menggunakan pelampung tersebut. Karena saya orangnya tidak anti kamera, saya langsung berfoto foto bersama keluarga saya. Setelah merasa cukup untuk foto foto , saya juga ingin berenang ke air terjun itu agar rasa penasaran saaya mengenai air terjun pulau Mursala ini hilang. Perlahan saya turun dari perahu dengan memakai pelampung dan mulai berenang ke arah air terjun itu bersama sepupu sepupu saya yang berani ikut dengan saya. Terasa banget perbedaan air terjun tersebut dengan air laut apalagi dari segi kedingingan airnya, air terjun pulau Mursala ini sangat dingin kalau di bandingkan dengan air laut tersebut.

Setelah rasa penasaran saya sudah terpenuhi, saya berenang kembali ke arah perahu bersama keluarga saya yang ikut berenang dengan saya. Setelah seluruh keluarga saya sudah merasa puas akan keindahan pulau Mursala tersebut, kami kembali ke pelabuhan Sibolga dan setelah sampai di pelabuhan itu, kami langsung bergegas untuk mencari penginapan yang terdekat untuk beristirahat. Keesokan harinya, saya bersama keluarga saya bergegas dan mempersiapkan yang perlu untuk melanjutkan perjalanan ke tempat wisata lainnya.

Seandainya kalian liburan ke daerah Sumatera Utara jangan lupa deh buat mampir ke pulau Mursala ini ya, karena sangat di rekomendasikan bagi kalian pecinta alam dan yang suka dengan traveling. Demikianlah pengalaman yang bisa saya bagikan mengenai pulau Mursala dan terima kasih sudah membaca pengalaman saya.

#PerilakuWisatawan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun