Mohon tunggu...
Diva Najmah Auliya
Diva Najmah Auliya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Life goes on

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga (20107030009)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Yakin Sudah Bijak dalam Bermedia Sosial?

23 Juni 2021   10:05 Diperbarui: 23 Juni 2021   12:08 132 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yakin Sudah Bijak dalam Bermedia Sosial?
foto: https://blog.dnetprovider.id

Media sosial adalah media daring yang digunakan untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh, proses interaksi antara user satu dengan user lain, serta mendapatkan sebuah informasi melalui perangkat aplikasi khusus menggunakan jaringan internet. Tujuan dari adanya social media sendiri adalah sebagai sarana komunikasi untuk menghubungkan antar pengguna dengan cakupan wilayah yang sangat luas. (dikutip dari sekawanmedia.co.id)

Maka dari itu di masa pandemi, media sosial atau yang biasa kita sebut medsos memegang peranan yang sangat penting dalam kebutuhan bersosialisasi dan komunikasi. Mengingat di masa pandemi ini kita banyak menggunakan media daring untuk berkomunikasi di dalam dunia pekerjaan sampai ke dunia pendidikan.

 Dalam bermedia sosial kita di tuntut untuk bisa menggunakannya, tentunya dengan baik dan bijak.

Menggunakan medsos dengan bijak bisa membuat kita terhindar dari terjadinya penyalahgunaan medsos seperti penyebaran hoax, penyebaran ujaran kebencian, dan hal-hal fatal lainnya yang bisa merugikan banyak pihak.

Salah satu cara untuk bisa bijak dalam bermedia sosial adalah dengan memilih konten yang diunggah, berhati hati dengan fitur privasi, Tetap jaga Etika, bisa memilih akun yang diikuti dan selalu waspada jangan mudah  percaya dalam kehidupan dunia maya.

Berikut Sedikit Penjelasan Tips mengenai cara Bijak dalam bermedia sosial yang satu sama lain saling berkaitan.

Selektif memilih konten

Sadarilah bahwa akun medsos kamu mampu dipandang oleh khalayak, termasuk seluruh postingan di dalamnya. Oleh karena itu, kamu wajib  lebih bijak dalam menentukan konten-konten sebelum diunggah pada media sosial. Meski pun platform media sosial saat ini punya fitur privasi yg mampu kamu atur, tetapi tidak ada salahnya jika kita lebih hati-hati sehingga bisa bermanfaat bagi kita, juga tidak menyinggung menyinggung pihak lain.

Berhati-hati dengan fitur privasi.

Di era teknologi digital yang semakin kompleks, kejahatan dunia maya menjadi semakin canggih, Jangan pernah memberikan informasi pribadi yang mendetail di akun media sosial, karena kita tidak pernah tahu ancaman apa yang akan di lakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Tentu saja etika dalam bermedia sosial juga harus di terapkan pada diri sendiri, berikut adalah beberapa etika untuk diri sendiri yang harus di perhatikan agar berhati-hati dalam mengunggah hal-hal yang berbau privasi diri kita:

1. Jangan membagikan masalah pribadi di media sosial

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN