Mohon tunggu...
Diva Najmah Auliya
Diva Najmah Auliya Mohon Tunggu... Life goes on

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga (20107030009)

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Self Love=Egois, Bagaimana Menurutmu?

6 Mei 2021   11:25 Diperbarui: 6 Mei 2021   12:17 181 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Self Love=Egois, Bagaimana Menurutmu?
foto : https://milenialis.id

Self love di artikan sebagai bentuk perbuatan untuk mencintai dan menerima diri sediri yaitu dengan bentuk rasa bersyukur, menerima serta menjadi lebih percaya diri atas apa yang sudah di berikan oleh Tuhan.

Saya sangat setuju bahwa self love (mencintai diri sendiri) juga adalah salah satu metode agar kita bisa menjadi lebih percaya diri dalam melakukan banyak hal, namun tentu saja sikap self love yang berlebihan juga tidak baik dan akan berdampa buruk, karena nantinya akan menimbulkan perasaan tidak nyaman bagi orang lain yang kita hadapi.

Lalu bagaimana pendapatmu ketika ada orang yang mengatakan bahwa self love atau mencintai diri sendiri dianggap sebagai hal yang egois dan hanya mengambil keuntungan belaka?

Hal ini dikatakan oleh beberapa orang karena mereka mengartikan bahwa bentuk self love hanyalah sebagai cara kita untuk di maklumi "keegoisannya" dengan berbungkus self love dan menerima diri sendiri yang mengakibatkan orang lain juga mau tidak mau harus menerima juga, contoh : Sinta mengatakan kepada teman kelompok matematikanya bahwa dirinya memang mempunyai kekurangan dalam hal berhitung dan akhirnya dia minta di pelajari materinya kembali oleh Rina, namun tetap Sinta tidak paham. Akhirnya tugas kelompok milik bagian Sinta di kerjakan teman-teman yang lain.

Dari contoh  tersebut mungkin untuk kita yang mewajarkan self love akan paham dan mengerti serta memaklumi Sinta dan bisa memberikannya bagian tugas yang lain, namun ternyata ada pula orang yang menganggap bahwa Sinta hanyalah orang yang berkedok self love hanya untuk keuntungannya belaka dan menjadikan dirinya untuk menjadi orang yang tidak mau berusaha lebih.

Teman-teman sendiri tipe yang bagaimana? Apakah orang yang menerima kekurangan orang lain dan mewajarkannya, atau tipe orang yang tidak suka melihat orang yang menunjukkan kekurangannya dan membuat kita mau tidak mau memaklumi kekurangannya?

Self - love dan Harga Diri

Sekarang kita berlanjut ke hubungan antara self love dan harga diri.

Pernahkah teman-teman semua terpikirkan bahwa self love juga sering kali di gunakan untuk membela harga diri? Rasanya statement ini memang banyak cukup bukti untuk membenarkannya.

Apa sih harga diri itu?

Berbicara mengenai harga diri, hal ini dapat dimaknai sebagai sebuah nilai untuk diri sendiri yang berasal dari pandangan menyeluruh individu. Harga diri juga dapat dikatakan sebagai penghargaan diri yang berisikan gambaran diri atau kualitas diri. Harga diri yaitu penilaian diri yang menjadi evaluasi individu dalam bersikap untuk dirinya mulai dari hal yang positif sampai negatif (Baron, Robert, & Byrne, 2012).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN