Manusia tidak penah terlepas dari aktivitas belajar dan pembelajaran. Sejak lahir manusia sangat dianjurkan untuk belajar seperti, dari anak bayi yang di ajarkan makan, minum, berbicara, mengenal berbagai hal yang baru, bermain, dan lain-lain, hingga manusia tersebut beranjak remaja mereka akan mendapatkan hak untuk belajar dan mendapatkan ilmu yang nantinya ketika beranjak dewasa manusia tersebut menggunakan ilmunya yang didapat untuk menerapkan pembelajaran dilingkungan sekitarnya. Tapi perlu diingat bahwa belajar tidak dibatasi oleh usia. Sampai kapanpun dan dimanapun ilmu masih tetap dibutuhkan.Â
Menurut Abdillah (2002) Belajar adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah laku baik melalui latihan dan pengalaman yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk memperoleh tujuan tertentu.
Dari beberapa definisi ini dapat disimpulkan ciri-ciri umum kegiatan belajar sebagai berikut :
1) Belajar dapat menunjukkan adanya suatu aktivitas pada manusia baik disengaja maupun tidak disengaja atau spontan.Â
2) Belajar merupakan interaksi antara individu dengan lingkungannya yang berkaitan dengan pembelajaran tersebut.Â
3) Hasil belajar ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku dan cara menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi.Â
Belajar juga dapat membawa perubahan bagi pelajarnya, baik perubahan pengetahuan, sikap, dan keterampilan bahkan ada yang dapat merubah kehidupan secara drastis menjadi lebih baik.
Sumber pembelajaran
Apa saja sih semua sumber pembelajaran?Â
Tentunya sumber pembelajaran sebagai pusat dari didapatkannya ilmu tanpa sumber belajar pun terasa hampa. Nah disini kita akan membahas tentang sumber belajar.
Sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber yang bisa berbentuk data, buku refrensi, orang, dan lain lain yang dapat digunakan oleh siswa dalam melakukan proses pembelajaran berlangsung, baik secara terpisah maupun secara kombinasi sehingga dapat mempermudah peserta siswa dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai keinginan tertentu.