Istilah "cognitive" berasal dari kata cognition yang sepadan dengan knowing, yang berarti mengetahui. Dalam arti luas, cognition (kognisi) ialah perolehan, penataan, dan penggunaan pengetahuan (Neisser, 1976). pada peradapan saat ini, istilah kognitif menjadi populer sebagai salah satu domain atau wilayah psikologi manusia yang meliputi setiap perilaku mental yang berhubungan dengan pemahaman, pertimbangan, pengolahan informasi, pemecahan masalah, kesenjangan, dan keyakinan.
Beberapa aspek utama dalam pengembangan kognitif, yaitu :
1. Kemampuan berbahasa (verbal comprehension)
2. Kemampuan mengingat (memory)
3. Kemampuan nalar atau berpikir logis (reasoning)
4. Kemampuan tilikan ruang (spatial factor)
5. Kemampuan bilangan (numerical ability)
6. Kemampuan menggunakan kata-kata (word fluency)
7. Kemampuan mengamati dengan cepat dan cermat (perceptual speed)
Saat ini saya akan membahas tentang poin kesatu dimana anak memiliki aspek utama kemampuan berbahasa (verbal comprehension) dalam pengembangan kognitif anak terutama anak pada usia dini.
1. Kemampuan berbahasa (verbal comprehension)