Mohon tunggu...
Diva Ganang S
Diva Ganang S Mohon Tunggu... Pelajar

Nama saya Diva Ganang Saputra. biasa dipanggil Ganang. Saya berumur 17 tahun dan saya adalah seorang pelajar di SMKN 15 JAKARTA.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Proses Produksi Massal Sepatu

7 Agustus 2020   17:22 Diperbarui: 7 Agustus 2020   17:53 165 0 0 Mohon Tunggu...

Nama : Diva Ganang Saputra

Kelas : XII OTP 1

Absen : 12

Mapel : Produk Kreatif & Kewirausahaan (PKK)

Assalamualaikum wr.wb, selamat datang para sahabat kompasiana, perkenalkan nama saya Diva Ganang Saputra, dari kelas XII OTP I. Disini saya akan membagikan sebuah artikel penjelasan mengenai “produksi massal” suatu barang. Pertama kalinya saya untuk upload disini, apabila ada kekurangan dalam berkata dan dalam penjelasan yang kurang menyangkut di pikiran sahabat kompasiana di bawah ini mohon dimaklumkan. Oke, mari kita lanjutkan ke topik pembahasan.

Kalian pasti sudah menyadari dengan perkembangan zaman yang begitu pesat saat ini, banyak produksi - produksi massal yang diperjualbelikan. Banyak sekali ide - ide produksi massal salah satunya yaitu sepatu " Ventela". Sebuah Brand fashion sepatu yang sangat hits di kalangan milineal sekarang. Sepatu yang mulai terkenal pada tahun 2017 oleh William Ventela.

Setelah melalui 20 tahun pengalaman membuat sepatu yang membuatnya berkeinginan untuk membuat "The Perfect Shoes" untuk segala usia dan gender. Ditambah persaingan sepatu yang kini sangat melonjak drastis, dikarenakan di perkolaborasi antara brand ternama dengan beberapa sponsor ternama juga. Dengan begitu daya saing dan profit penjualan dari perusahaan masing - masing sepatu akan semakin bertambah.

Namun produk lokal yang berasal dari Bandung ini juga tidak kalah bagus kualitasnya dengan produk - produk luar seperti Vans dan masih banyak brand luar lagi. Tetapi tetap unggul hasil produk luar dikarenakan sudah terkenal di mancanegara. Bukan berarti produk lokal tidak bagus juga ya guysss........

Namun apakah kalian tahu, arti dari produksi massal? Menurut wikipedia produksi massal adalah sistem produksi dalam jumlah besar dari produk yang standar, termasuk dan terutama pada lini perakitan. Sedangkan menurut dari yang saya baca di salah satu web guru saya yourraditya.com, produksi massal adalah kegiatan memproduksi barang tertentu yang sudah ditentukan standar spesifikasinya dalam jumlah besar melalui serangkaian operasi yang sama dengan produk sebelumnya.

Sebagai contoh saya akan memberikan sebuah kasus produksi massal sebuah produk sepatu yaitu sepatu Ventela ini yang merupakan 

  • Bahan Baku yang Digunakan Dalam Produk Sepatu

Ventela merupakan sebuah produk sepatu “sneaker” lokal yang di buat di Bandung dan pada awal perilisan nya pada tahun 2017. Di buat oleh pembilik pabrin Ventela langsung yakni William Ventela. Pabrik tersebut ternyata sudah berdiri pada tahun 1989. William Ventela ingin menciptakan “ The Perfect Shoes” yang dapat dikenakan oleh anak berusia satu hingga dewasa. Untuk mewujudkan cita-citanya, jalan keluar satu-satunya adalah dengan membuat sepasang sepatu vulkanisir atau yang biasa disebut dengan “sepatu kanvas”. Sekilas sepatu ini mirip dengan sepatu kets milik Converse. Bahkan Ventela memiliki beberapa warna yang sama dengan converse. Meski begitu, bahan baku dan kualitas bisa diadu. Sepatu Ventela juga tersedia dalam segala usia dan jenis kelamin. Yang menjadi unggulan dari produk Ventela yakni ia memiliki pabrik sendiri. Sehingga bahan dan proses pembuatan produksi benar – benar dijamin oleh Ventela. Brand sepatu ini juga mengutamakan kenyamanan pada saat penggunaan sepatu tanpa melupakan estetika dan kualitas sepatu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN