Mohon tunggu...
Diva AzzahraSalsabila
Diva AzzahraSalsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

hai.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bagaimana Jika Anak Bermain dengan Anak Sebayanya

20 Oktober 2021   19:26 Diperbarui: 20 Oktober 2021   19:42 39 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Anak anak merupakan masa dimana kita dapat merasakan bermain dengan bebas. Bermain bersama teman teman sebayanya adalah hal yang menyenangkan bagi mereka. Karena, mereka akan menemukan suatu hal yang baru ketika bermain dengan banyak anak yang sebayanya. Mereka bisa mengeksplor sesuatu secara bersamaan sehingga anak akan mencoba bertukar pikiran dan membicarakan banyak hal yang mungkin itu adalah pengetahuan yang baru bagi mereka. Ketika anak memiliki umur yang sama kurang lebih pembahasan yang mereka obrolkan sama jadi mereka akan nyambung dalam mengobrol maupun bermain satu sama lain. Sangat berbeda ketika anak mencoba mengobrol dan bermain dengan anak yang lebih kecil maupun lebih besar. Selain itu anak bermain dengan yang sebanyanya juga dapat mendukung proses pertumbuhan pada anak. Ada beberapa manfaat dari anak yang bermain dengan sebayanya yaitu :

  • Memperbanyak pengalaman anak
  • Anak akan memiliki pengalaman baru selama mereka berinteraksi dengan teman temannya. Memperbanyak pengalaman bukan hanya melalui bermain namun juga dapat didapat ketika anak bermain sambil belajar bersama. Pengalaman akan banyak ditemuinya dan didapat ketika mereka ada di luar rumah. Diluaran rumah mereka dapat belajar mengenal hewan yang mereka temui di luaran yang mungkin saja belum ia pernah temui ketika ada didalam rumah. Mereka dapat juga menanyakan ini itu yang mereka belum ketahui agar semakin banyak hal hal baru yang anak temui.
  • Membuat anak dapat bersosialisasi dengan baik
  • Bersosialisasi sangat penting untuk kehidupan kedepannya. Jika anak sering bertemu dengan banyak orang dan juga dengan anak yang seusianya secara tidak langsung dengan ini anak melatih dirinya untuk berani mempunyai sikap bersoaialisasi dengan baik. Bersosialisasi dapat diajarkan ketika anak masih dini agar mereka mudah bergaul dengan banyak anak lainnya.
  • Melatih komunikasi pada anak
  • Belajar sambil bermain dengan teman teman sebayanya memiliki manfaat dalam melatih komunikasi pada anak. Ketika anak sering berkomunikasi dengan banyak anak dapat juga menumbuhkan rasa percaya diri pada diri mereka sendiri. Anak tidak akan menjadi pemalu lagi ketika sedang bersama banyak teman temannya.

Jika anak jarang sekali bermain dengan teman sebayanya ada pula cara agar anak dapat bermain dengan teman sebayanya yaitu seperti :

  • Mengajak anak pergi ke tempat bermain
  • Di tempat seperti ini mereka akan banyak menemukan anak anka lainnya yang seuisianya namun ada juga yang umurnya lebih kecil maupun besar darinya. Jika anak terbiasa datang ke tempat bermain seperti ini kemungkinan anak akan mudah untuk menjalin pertemanan dengan anak yang seusianya.
  • Orang tua membuat acara play date
  • Play date disini orang tua dapat menggundang anak anak anak yang mereka kenal agar dapat bermain bersama. Disini orang tua juga dapat mengawasi anak anak mereka dan juga melihat perkembangan mereka dari berkenalan hingga akrab dan dapat bermain bersama.
  • Pergi ke sekolah
  • Di sekolah ada banyak sekali anak yang memiliki usia sama. Mereka dapat belajar sambil bermain secara bersama dan itu dapat membuat anak anak semakin dekat satu sama lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan