Mohon tunggu...
Ditta Widya Utami
Ditta Widya Utami Mohon Tunggu... Pendidik dan Pembelajar

A mom, blogger, youtuber and a writer teacher || dittawidyautami.blogspot.com || Penulis buku Lelaki di Ladang Tebu (2020) || Kontak dittawidyautami@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Karir

"CPNS Idol"

28 Oktober 2018   18:32 Diperbarui: 28 Oktober 2018   18:55 600 1 0 Mohon Tunggu...

"Pak, kok tesnya sampai malam? Tes TNI saja tidak sampai malam. Mungkin kita sedang ikut CPNS Idol.  Hehe" canda Pak Aditia, salah satu calon peserta tes CPNS Kemenag dari Subang saat mengetahui pelaksanaan tes CPNS hari pertama berlangsung hingga malam.

Galat yang terjadi di hari pertama pelaksanaan tes CPNS membuat sesi pertama tes di Sport Jabar Arcamanik, Kota Bandung diundur hingga pukul 09.00 WIB. Informasi ini saya dapatkan dari seorang teman yang mengikuti tes CPNS di hari pertama (26/10).

Teman saya yang dijadwalkan mengikuti ujian pukul 16.00 WIB baru masuk ruangan pada pukul 21.00 WIB dan keluar pada pukul 22.30 WIB. Itu belum seberapa, masih ada yang harus rela pulang pukul 01.30 dini hari untuk mengikuti tes CPNS yang ngaret itu.

Hal ini mungkin masih dapat dimaklumi. Selain hari pertama, bayangkan saja di Sport Jabar Arcamanik tersedia 730 PC untuk tes CPNS online! Peserta per hari berkisar antara 2000 hingga 3600-an peserta yang terbagi dalam beberapa sesi. Wow!

Kegalauan lain muncul saat menanti jadwal ujian yang sempat tak kunjung hadir di website. Padahal masa ujian hampir bahkan telah dimulai. Lagi, celetukan lucu terlontar dari salah satu anggota forum "Semoga jadwalnya nggak muncul seperti tahu bulat digoreng 'dadakan', ya? Sekarang muncul jadwal, eh ternyata besok ujian." Hehe.

Memang, rentang jadwal pelaksanaan tes telah ada dan disosialisasikan dengan baik. Tertanggal mulai 26 Oktober hingga 12 November 2018. Namun, tetap saja hati merasa was-was jika belum mengetahui waktu pasti kapan harus 'unjuk gigi'. Ini mungkin sama berdebarnya seperti saat kita menanti jadwal kapan pesawat akan take off

Bayangkan jika kita hanya diberi tahu bahwa pesawat akan take off antara pukul 07.00-15.00 WIB tanpa tahu kapan persisnya. Mau ke kamar mandi pun tampaknya akan diurungkan karena khawatir saat ke kamar mandi itulah pesawat akan take off :D

Persiapan yang matang sangat dibutuhkan untuk menghadapi tes CPNS kali ini. Selain harus mengunggah dokumen secara daring (banyak yang gugur di sini), pelaksanaan tes yang menggunakan CAT (Computer Assisted Test) membuat para calon peserta yang tidak/belum terbiasa menggunakan komputer mau tidak mau harus belajar membiasakan diri. Membiasakan untuk mengerjakan 100 soal dalam waktu 90 menit secara daring.

 Semoga yang akan mengikuti Tes CPNS diberi kelancaran, kecerahan pikiran dan mendapat hasil terbaik bagi diri masing-masing. Aamiin.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x