Mohon tunggu...
Media

Contra Flow di Media Global

14 Januari 2019   17:40 Diperbarui: 14 Januari 2019   17:57 0 1 0 Mohon Tunggu...

Komunikasi internasional adalah komunikasi yang dilakukan oleh dua negara atau lebih yang saling menguntungkan kedua belah pihak baik itu dalam menyampaikan sebuah informasi mengenai negaranya kepada komunikan yang mewakili negara lain. Perkembangan globalisasi memang tidak dapat lagi dipungkiri oleh setiap masyarakat, pasalnya media selalu bisa menguasai sebuah negara dengan informasi-informasi yang disajikan semenarik mungkin. 

Contra flow muncul karena adanya penolakan informasi yang hegemoni dari pihak barat terhadap pihak timur, hal ini dapat dijadikan sebuah solusi bagi bangsa timur untuk dapat melawan arus balik dari bangsa barat. Hal ini merupakan sebuah tindakan yang dilakukan untuk bisa melunturkan unsur hegemoni dari budaya luar. 

Meskipun penyiaran informasi dari barat dibutuhkan oleh timur, Tetapi hal ini tidak serta merta menjadi sebuah alasan untuk terus mempergunakan media luar sebagai sumber informasi. Meskipun penyebaran model televisi komersial yang profesional di Amerika Serikat juga membawa perubahan yang menguntungkan bagi beberapa industri media nasional dan regional yang dapat mengubah menjadi sebuah kebangkitan nalsionalisme budaya.

Kehadiran media luar negeri menjadi sebuah pelajaran bagi bangsa timur dalam memperbaiki konten yang dipertontonkan kepada masyarakat. Banyaknya unsur dewasa dan kekerasan dalam media luar menjadi sebuah tantangan bagi media nasioanal untuk mampu mengatasi ketimpangan yang terjadi. 

Hal ini berguna untuk mengurangi dampak buruk terhadap masyarakat. Masyarakat sangat mudah terpengaruh akan tayangan-tayangan yang ada di televisi, sehingga tidak jarang jika masih banyak masyarakat yang melakukan hal yang merugikan bagi masyarakat lain.

Maka dari itu peran media nasional sangat dibutuhkan untuk dapat membuat konten yang baik, menarik namun sesuai dengan perkembangan zaman agar bisa menciptakan kepribadian masyarakat yang lebih baik lagi. Penyiaran nasional memang masih diminati oleh sebagian besar masyarakat, hal ini karena masih adanya beberapa stasiun televisi yang mampu memberikan konten yang menarik sehingga mampu menciptakan daya tarik bagi masyrakat.

Ketersediaan saluran televisi dari berbagai negara memang telah menyulitkan saluran televisi nasional, seperti contohnya saluran televisi Turki yang telah masuk di Indonesia, siapa yang tidak mengenal tayangan Turki yang disajikan oleh salah satu stasiun televisi di Indonesia. Kehadiran tayangan ini dapat merubah kondisi budaya di Indonesia. 

Seperti contoh lain saluran televisi India telah lama masuk di Indonesia, namun pada awalnya serial film india ini hanya merupakan film layar lebar yang menarik bagi masyarakat. 

Seiring perkembangan waktu, salah satu media televisi Indonesia mengambil beberapa drama dari negara India, seperti yang diketahui negara india memiliki kebudayaan yang sangat mudah diketahui dan dikenali oleh setiap orang. 

Memang tidak semua hal yang dipaparkan diatas memberi dampak yang negatif, namun dampak positif yang diberikan ialah kita dapat mengetahui keberagaman budaya dari negara lain sehingga dapat menghormati perbedaan yang ada disetiap negara. Dampak negatif yang diperoleh ialah, kebudayaan masyrakat Indonesia secara perlahan terkikis, karena budaya lain telah masuk ke Indonesia sehingga tidak jarang jika kita melihat banyak masyarakat yang lebih menyukai musik, tarian , dan budaya dari negara ini.

Dari sisi ini, media nasional diharapkan mampu bersaing dengan saluran televisi luar agar dapat memperbaiki keadaan media di Indonesia, dengan memperbaiki konten serta arus informasi maka seiring berkembangnya waktu media nasional akan mampu bersaing dengan saluran televisi luar, dan tidak hanya itu saja saluran telvisi nasional juga dapat dipasarkan dinegara luar sehingga mendapatkan keuntungan serta mampu memperkenalkan Indonesia diranah yang lebih luas lagi.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x