Mohon tunggu...
Andita Siregar
Andita Siregar Mohon Tunggu...

Suka nulis dan sayang banget coco kucing dirumah :D

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Ini Dia! Penyebab Karang Gigi dan Cara Mencegahnya Berkembang!

27 Juli 2018   19:06 Diperbarui: 27 Juli 2018   20:28 2785 3 0 Mohon Tunggu...
Ini Dia! Penyebab Karang Gigi dan Cara Mencegahnya Berkembang!
sensu.co.uk

Karang gigi adalah kotoran di gigi yang mengeras sedikit demi sedikit, yang jika dibiarkan akan semakin banyak dan bertumpuk. Oleh karena itu jika karang gigi sudah terlanjut menumpuk ada baiknya kamu segera membersihkannya, cara membersihkan karang gigi sangat mudah. Buat kamu yang males untuk melakukan kegiatan yang memakan waktu, kamu bisa langsung pergi ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi. Jika diurutkan berdasarkan prosesnya, sisa makanan di gigi akan menumpuk dan bercampur dengan air liur menjadi plak gigi.

Plak gigi ini belum mengalami pengerasan dan dapat segera dibersihkan sendiri. Jika masih tertinggal, plak gigi akan otomatis mengalami pengerasan. Jika sudah begini, akan sulit untuk membersihkannya dan kamu membutuhkan bantuan orang lain untuk itu.

Lantas apakah akan terjadi sesuatu jika kita membiarkan karang bersarang di gigi? Karang gigi yang dibiarkan, lama kelamaan dapat membuat gigi keropos. Bakteri yang ada di karang gigi lah yang membuatnya terjadi, ketika mengeluarkan zat asam yang kemudian merusak email gigi. Email gigi sendiri merupakan lapisan terluar gigi yang membuatnya menjadi keras dan kokoh. Jika ini rusak, bagian dalamnya tidak memiliki perisai sehingga mudah untuk mengalami pengeroposan.

Hal lain yang mungkin tidak disadari olehmu adalah munculnya bau mulut yang cenderung tidak sedap dan menganggu. Masih dilakukan oleh bakteri. Selain zat asam dapat merusak email gigi, ternyata jika zat ini bereaksi dengan sisa makanan akan menimbulkan aroma tidak sedap. Ini akan mengurangi rasa percaya dirimu, orang lain juga akan ikut terganggu.

Belum lagi jika karang gigi bereaksi dengan gusi. Karang gigi yang dibiarkan dapat menyebabkan peradangan pada gusi atau gingivitis. Skenario terburuk, gingivitis dapat berkembang menjadi periodontitis, penyakit gigi dan gusi yang dapat merusak struktur dari akar gigi dan tulang rahang. Jadi ketika kamu merasa ada yang aneh dari tulang rahang, mungkin itu disebabkan oleh karang gigi.

Dari penjelasan yang sudah dipaparkan di atas, apa yang kamu rasakan? Bingung mengapa karang gigi bisa muncul? Apa yang harus kamu lakukan untuk mencegah muncul dan berkembangnya karang gigi? Kamu bisa melakukan pencegahan agar karang gigi tidak timbul dan berkembang lebih banyak di gigimu. Berikut ulasannya.

PENYEBAB MUNCULNYA KARANG GIGI

1. Tidak teratur menggosok gigi

Menggosok gigi adalah cara termudah untuk menjaga kesehatan gigi. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, selama kamu memiliki sikat dan odol sebagai pelengkap. 

Cara ini biasanya sudah diajarkan sejak kita masih kecil. Sayangnya, kita kadang terlalu malas untuk melakukannya. Padahal tidak melakukannya secara rutin sama saja artinya dengan membiarkan sisa makanan tertinggal di sela-sela gigi. Selanjutnya akan memicu datangnya bakteri. Saat ini lah karang muncul dan bersarang di gigi.

2. Kurang memakan sayuran dan buah-buahan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x