Mohon tunggu...
Dita Anggriany
Dita Anggriany Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa yang memasuki tahap akhir perkuliahan dan sebentar lagi akan disibukkan dengan skripsi. Doa kan saja supaya bisa cepat lulus dan mendapat pekerjaan yang saya harapkan.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Bergerak Menurut Irama untuk Menjalani Gaya Hidup Sehat dari Peran Internet

12 Juli 2022   10:09 Diperbarui: 12 Juli 2022   10:15 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sering kali saya berpikir bahwa dengan bergerak akan membuat hidup sehat. Hal itu tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar. Apabila bergerak hanya dengan memindahkan tangan saja tentu tidak akan membawa pengaruh banyak untuk tubuh. Berbeda lagi jika bergerak seperti menuruni tangga, meskipun terlihat sederhana namun itu mampu setidaknya melatih otot kaki untuk tetap kuat.

Bisa dikatakan saya termasuk orang yang malas untuk bergerak bahkan pernah pada kisaran bulan Agustus sampai bulan Desember 2020 yang mana waktu itu saya menghabiskan waktu untuk kegiatan kuliah online. Hari-hari saya lewati di depan laptop sambil mendengarkan dosen yang menjelaskan materi yang biasanya satu mata kuliah menghabiskan waktu 1 jam 50 menit. Cukup lama memang namun ada yang lebih lama lagi yaitu waktu saya menghabiskan waktu di depan layar laptop.

Dalam sehari saya bisa duduk di depan laptop selama 12 jam atau bahkan lebih, baik itu untuk kuliah atau hal lain yang saya lakukan di laptop selain kuliah. Ya namanya juga orang yang bingung tidak tahu harus berbuat apa jadi ya lihat laptop saja sambil mencari-cari informasi kesana-kemari dengan jaringan internet.

Pencarian yang paling banyak yaitu konten-konten yang berbau Korea karena biasa seperti anak muda yang lainnya. Di situ saya mulai tertarik dengan makanan yang biasa ada di konten mukbang dan akhirnya saya mencari resepnya melalui internet dan coba membuat olahan tersebut. 

Sumber: Freepik
Sumber: Freepik

Namun sebagian besar resep yang saya coba memiliki kalori yang banyak sehingga membuat badan saya menjadi lebih berisi. Sampai orang-orang banyak yang bilang bahwa saya menjadi semakin gemuk semenjak di rumah saja. Hal itu tentu membuat saya banyak berpikir yang mana kebanyakan orang menjadi glow up selama pandemi lalu mengapa saya malah menjadi seperti ini.

Sampai akhirnya saya menemukan video cover dance dari orang-orang Indonesia yang lebih mudah diikuti gerakannya. Akhirnya dari situ saya mencoba untuk ikut bergerak, menghafal gerakan dengan iringan musik sampai kadang membuat saya mengkhayal bahwa saya adalah seorang idol. Terdengar lucu memang tapi ya bagaimana lagi namanya juga halu (bahasa keren dari khayalan yang terlalu tinggi).

Setiap pagi dan sore sebisa mungkin saya menyempatkan diri untuk menari. Awal mulanya harus menghafalkan gerakan dulu untuk dapat bergerak dengan mantap hingga akhirnya ketika sudah hafal membuat setiap gerakan menjadi mudah untuk dilakukan. Sampai bulan Juli 2022 ini terhitung sudah lebih dari 15 dance kpop yang saya hafal untuk menemani saya mengurangi berat badan. Yang tentunya setiap mencari video dance yang baru saya harus masuk ke Youtube dengan mengandalkan internet. Setelah berhasil menemukan video yang pas baru saya akan mengunduhnya untuk disimpan dalam memori.

Di sini lah saya merasakan manfaat internet untuk membuat saya berbelok ke arah gaya hidup sehat walau hanya dengan menari saja. Tetapi dengan menari pun jika dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membuat badan berkeringat dan keluarnya air keringat lah menjadi penanda bahwa tubuh itu sehat.

Ketika saya akan mencari video maka saya sakan berkunjung ke rumah saudara yang berjalanan kaki saja sudah sampai untuk menumpang jaringan internet Indihome dari Telkom Indonesia untuk memperlancar niat saya mengunduh video dengan resolusi tinggi. Untungnya saudara saya sama sekali tidak keberatan dengan kehadiran saya yang hanya untuk menumpang internet untuk keperluan pribadi saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun