Mohon tunggu...
Dita
Dita Mohon Tunggu... Mahasiswa - IPB University

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Dongkrak Ekonomi Desa Bantarjaya, BEM FMIPA IPB Adakan Sosialisasi Produksi dan Pemasaran Produk dari Komoditas Jambu Kristal

3 Oktober 2022   22:18 Diperbarui: 4 Oktober 2022   06:27 115 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan sosialisasi produksi dan pemasaran produk (Dokumentasi pribadi)

Bogor - Desa Bantarjaya yang terletak di Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor memiliki potensi yang baik dalam hal pertanian, salah satunya yaitu komoditas jambu kristal. Berdasarkan data pemetaan sosial yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB, desa ini memiliki komoditas pertanian berupa jambu kristal dengan rata-rata produksi desa mencapai 300 ton per tahun. 

Melihat potensi tersebut, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (BEM FMIPA) IPB University melalui Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) mengadakan sosialisasi sebagai salah satu rangkaian pelatihan terkait produksi dan pemasaran produk turunan jambu kristal yaitu selai jambu kristal pada Minggu (02/10/22) pagi. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat khususnya remaja dan kelompok UMKM dalam berwirausaha.

Sosialisasi ini diikuti oleh kelompok binaan produk selai jambu kristal yang terdiri dari remaja berusia 16-19 tahun. Narasumber, Tintin Sarianti menyatakan pentingnya mengenal strategi dengan bauran pemasaran 4P bagi seorang wirausahawan. "Hal yang wajib seorang wirausahawan ketahui untuk memasarkan produknya (non-jasa) itu adalah prinsip bauran pemasaran 4P yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi)," katanya.

"Untuk produk baru, kita harus memerhatikan beberapa hal agar tidak kalah saing. Pertama, lakukan test pasar untuk mengetahui bagian apa yang perlu diperbaiki. Kedua, miliki sifat berani, tidak malu berjualan. Ketiga, pertahan kualitas produk agar menciptakan loyalitas konsumen terhadap produk kita," ujar Tintin Sarianti saat menjelaskan tips berwirausaha untuk produk yang terbilang baru seperti selai jambu kristal.

Adanya sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi enterpreneur muda Desa Bantarjaya untuk dapat memulai dan mengolah kegiatan wirausahanya dengan lebih terampil.

Kegiatan tim PPKO BEM FMIPA IPB selebihnya dapat dilihat di laman instagram berikut ini :

https://instagram.com/ppko.bemfmipaipb?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan