Mohon tunggu...
Dita Kamila Rahmawati
Dita Kamila Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Publikasi kegiatan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mari Bercerita Bersama Sahabat Siswa

20 September 2021   08:21 Diperbarui: 20 September 2021   08:22 24 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mari Bercerita Bersama Sahabat Siswa
Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)

Universitas Negeri Semarang memberikan wadah untuk calon guru untuk dapat mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial. 

Dari keempat kompetensi guru tersebut sangat diperlukan dalam menjalankan perannya sebagai pendidik dan fasilitator pembelajaran. 

Universitas Negeri Semarang menempatkan Mata Kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) sebagai mata kuliah yang mampu memberikan pengalaman yang lengkap dan bermakna kepada mahasiswa program studi kependidikan.

Pengenalan Lapangan Persekolahan Bimbingan dan Konseling berlangsung selama 1,5 bulan mulai dari tanggal 5 Agustus 2021 hingga 15 September 2021 di SMP Negeri 11 Semarang. Dalam kegiatan PLP BK ini, praktikan memberikan layanan khususnya pada kelas binaan praktikan yaitu VIII C dan VIII D. Sebelum melaksanakan layanan, praktikan melakukan asesmen kebutuhan peserta didik, agar pemberian layanan bisa tepat sasaran dan sesuai dengan kondisi siswa.

Dalam pelaksanaan kegiatan PLP BK, praktikan dipandu oleh Dra. Trisnaningsih selaku guru pamong praktikan. Dita Kamila Rahmawati yang biasa dipanggil Dita memiliki kesempatan untuk memberikan beberapa layanan dalam bimbingan dan konseling kepada siswa. Layanan yang diberikan kepada siswa yaitu bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konseling kelompok dan konseling individu.

SMP Negeri 11 Semarang telah melaksanakan pembelajaran secara tatap muka, sehingga praktikan memiliki banyak pengalaman mengajar secara tatap muka maupun pembelajaran jarak jauh. Harapan praktikan setelah melaksanakan PLP BK ini adalah dapat sebagai bahan evaluasi diri untuk menjadi guru yang lebih baik lagi.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan