Mohon tunggu...
Dita Anggraeni Yusup
Dita Anggraeni Yusup Mohon Tunggu... Freelancer - Digital Marketer

Freelancer | Broadcasting - Ilmu Komunikasi | ditaanggraeniy.com #ditaanggraeniy #K_Friends #KInfluencer

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Melihat Indonesia di Blog Korea

26 Mei 2020   14:46 Diperbarui: 26 Mei 2020   16:40 170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampilan Blog Naver. Sumber Naver.blog

Saya jadi suka menulis semenjak pandemic ini muncul di Indonesia dan pekerjaan saya hanya di rumah berhadapan dengan laptop. Ketika saya melihat tulisan orang lain yang memiliki viewers yang banyak sayapun tertarik dengan pembahasannya dan ikut menjadi salah satu dari ribuan viewersnya.

Namun ketika saya menulis, saya tidak tahu apa yang akan saya tulis, terjadilah pencaharian-pencaharian menarik yang saya ketahui sebagai data penulisan saya. Sebelumnya banyak tulisan saya tentang Korea yang ada di Indonesia, namun kali ini saya akan bercerita tentang Indonesia dimata Korea. 

Naver adalah salah satu website mesin pencarian terbesar di Korea Selatan, ketika itu saya mencari kata kunci Indonesia di dalam blog naver, siapa yag mengira begitu banyak tulisan tentang Indonesia yang di tulis oleh blogger Korea.

Ada 66.796 tulisan tentang Indonesia di dalam naver dan yang paling populer dalam blog adalah Bali, Bali, Bali, makanan Bali dan cara ke Bali dari Jakarta. Namun, saya amat tertarik dengan tulisan 20181206_Jakarta (Indonesia) yang ditulis oleh - (diary of girls) memiliki line "makanan favorite saya di Indonesia selalu nasi goreng". Penulis begitu bigung dengan judul yang dia tulis sehingga menuliskan tanggal saat berada di Indonesia.

Saya membaca dalam bahasa Indonesia ternyata (dudolim) pergi bekerja ke Indonesia hanya selama 3 hari untuk menjaga stand perusahaan Korea tempat dia bekerja yang sedang membuka pameran di Jakarta, dalam 3 hari itu dia bercerita tentang banyak makanan yang dia makan selama di Indonesia, Indonesia yang dia sebut "Negara yang benar-benar asing".

Pangsit Goreng| https://blog.naver.com/sry1988/221414110606
Pangsit Goreng| https://blog.naver.com/sry1988/221414110606
"Sungguh menakjubkan! Jika kamu ke Indonesia kamu harus memakannya" tulisnya. Pangsit goreng yang dimakannya menjadi makanaan pertama yang ia promosikan untuk orag Korea yang datang ke Indonesia, pangsit goreng memang enak apalagi dimakan saat dingin dengan bakso sapi, seruput kuahnya yang masih hangat dengan sambal hingga habis. 

Nasi Goreng| https://blog.naver.com/sry1988/221414110606
Nasi Goreng| https://blog.naver.com/sry1988/221414110606
"Makanan saya di Indonesia selama 3 hari, mungkin kamu juga tertarik dengan nasi goreng".
Wahh lagi-lagi nasi goreng adalah makanan favorite wisatawan asing, padahal kamu bisa saja memasaknya di rumah Korea ataupun Indonesia. Mengapa nasi goreng begitu populer di banyak wisatawan? apakah karena kacang kedele hitam yang menjadi kecap berbeda rasanya di negara-negara lain? kacang kedele di Indonesia sangat manis, tidak asin (mungkin saja karena kecapnya).

Singkong Goreng| https://blog.naver.com/sry1988/221414110606
Singkong Goreng| https://blog.naver.com/sry1988/221414110606
"Singkong Goreng! Ini adalah ubi jalar akar tanaman yang lebih manis dari pada ubi jalar, terasa lebih baik dari yang saya pikir. Singkong buatan sendiri sambil menonton balet" ungkapan saat dia memakan singkong.
Saya terkejut dengan makanan yang di posting, ternyata makan singkong goreng juga. Mungkin banyak yang tahu, untuk diet wanita di Korea hanya memakan Ubi, namun berbeda (dudolim)  menemukan saudaranya Ubi yaitu Singkong hehhee. Kalian juga suka singkong?

Saya juga memiliki akun pada naver.blog ditaanggraeniy 
Awalnya saya menulis sesuatu tentang Korea yang ada di Indonesia, namun kini saya juga tertarik melihat Indonesia yang berada di Korea dan semacamya. Korea dan Indonesia sama-sama memiliki hal unik untuk di ceritakan.
Semoga harimu menyenangkan^^ 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun