Mohon tunggu...
Dita maulidaagriyani
Dita maulidaagriyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Sastra Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Peran Media Sosial terhadap Karya Sastra di Masa Kini

3 November 2022   08:20 Diperbarui: 3 November 2022   08:22 214
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apakah kalian mengenal sastra?

Sastra merupakan praktik sosial masyarakat, fenomena-fenomena yang terjadi di tengah masyarakat diangkat melalui karya sastra. Hal ini membuktikan bahwa sastra tidak lahir dari kekosongan semata tetapi sastra adalah refleksi kehidupan sehari-sehari. Karya sastra yang diciptakan tidak lepas dari ideologi pengarangnya, ideologi yang diciptakan oleh pengarang lewat karya satra membentuk sebuah kekuasaan ideologi. Perkembangan teknologi yang semakin cangih dapat menjadi wahana dalam penyaluran ideologi tersebut.

Indonesia sebagai bangsa yang pernah terjajah pernah mengalami penindasan ideologi. Dimana pada masa itu tidak semua orang bebas untuk bisa menyuarakan ideologinya bahkan lewat media tulis atau lisan. Media cetak pun pada masa itu sangat selektif untuk mempublikasikan sebuah karya sastra. Bahkan ruang gerak untuk tokoh terpelajar dalam menuangkan ideologi masih dibatasi oleh kekuasaan saat itu.

Semakin berkembangnya zaman, perkembangan teknologi dan alat komunikasi pada era globalisasi pun semakin pesat. Perkembangan teknologi ini dijadikan sebagai wadah untuk membentuk ideologi di tengah masyarakat oleh sastrawan lewat karyanya. Dalam ranah sastra sendiri, perkembangan teknologi ini dapat dijadikan sebagai wahana untuk menyalurkan aspirasi dan pembentukan ideologi di tengah masyarakat melalui karya sastra.

Pada masa kini, tidak hanya para sastrawan yang sudah terkenal, melainkan para sastrawan-sastrawan pemula kerap menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, Instagram untuk mengekpresikan rasa dan pikiran dengan mengunggah ke media sosial. Para sastrawan pemula menggunakan media sosial sebagai alat untuk membangun eksistensi dan menyalur ideologi mereka melalui karya-karyanya.

Di masa kini, platform media sosial banyak kita jumpai karena memiliki banyak hal positif, berikut ini hal positif dari media sosial terhadap karya sastra.

1. Memiliki banyak pengetahuan

Seperti yang kita ketahui, dengan adanya platform media sosial, kita dapat mengetahui banyak pengetahuan mengenai karya sastra pada masa kini, yang mana dapat mudah kita cari karya sastra tersebut.

2. Sebagai sarana bersosialisasi

Media sosial digunakan sebagai sarana bersosialisasi karena melalui sarana media sosial kita lebih mudah untuk bersosialisasi dengan kerabat kerja, teman, atau sastrawan lama dengan yang baru, yang mana tidak terbatas oleh waktu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun