Mohon tunggu...
dita lusiani
dita lusiani Mohon Tunggu... Mahasiswa - media edukasi

welcome.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Vaksinasi di Kalangan Masyarakat, Hak atau Kewajiban?

21 Oktober 2021   00:48 Diperbarui: 21 Oktober 2021   00:53 63 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Vaksinasi adalah upaya dari pemerintah yang paling efektif untuk mengatasi pandemi covid-19 yang semakin hari kian meningkat. vaksinasi dapat dilakukan setelah adanya kepastian keamanannya ada agar menurunkan kesakitan dan mendorong terbentuknya kekebalan secara kelompok. Hal ini diyakini akan menurunkan resiko terpapar covid.

COVID-19 adalah sebuah pandemi yang tak kunjung usai sampai saat ini. Wabah ini sudah mengakibatkan perubahan yang sangat besar dalam berbagai sektor, seperti pada sektor ekonomi dan pendidikan. Masyarakat pun semakin bingung kualahan mencari perlindungan diri baik dari faktor ekonomi maupun faktor kesehatan. 

Tetapi banyak kekeliruan masyarakat di satu sisi masyarakat berlomba lomba menutup diri mengasingkan diri agar terhindar dari COVID-19 , tetapi ada juga masyarakat yang palah membuka diri seperti sering melakukan banyak aktivitas di luar rumah  agar meningkatkan imun tubuh. Cara yang tepat melakukan pencegahan yaitu salah satu yang cukup efektif masyarakat harus ikut melakukan vaksinasi di puskesmas maupun rumasakit yang tersedia di daerah masing masing .

Berbagai upaya dari pemerintah telah dilakukan seperti melaksanakan social distancing, penerapan PSBB, dan pelaksanaan vaksinasi. Vaksinasi adalah upaya dari pemerintah yang paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang semakin hari kian meningkat. Masyarakat dianjurkan mengikuti vaksinasi yang sudah tersedia dan disediakan oleh dinas kesehatan. Karena vaksin yang diluncurkan sudah terbukti keamanan dan kehalalana nya sudah benar-benar di uji secara klinis agar tidak menimbulkan efek yang cukup berat.

Vaksinasi dapat dilakukan setelah adanya kepastian keamanannya ada agar menurunkan kesakitan dan mendorong terbentuknya kekebalan secara kelompok. Namun dalam pelaksanaan vaksinasi  ini memunculkan kontroversi di kalangan masyarakat. Tak sedikit masyarakat yang mau menerima program vaksinasi dari pemerintah ini, terdapat beberapa pro dan kontra. Lalu yang menjadi pokok permasalahan adalah apa saja yang menjadikan permasalaham serta apa alasan pro dan kontra terhadap vaksinasi.

Maka dari itu, pemberian vaksinasi juga hendaknya bersifat sukarela dan tidak memaksa kehendak karena dapat menimbulkan hilangnya hak kita sebagai warga negara, dan sebenarnya vaksinasi tidak diwajibkan bagi kalangan masyarakat. Apabila masyarakat melakukaan penolakan terhadap vaksinasi, bisa diganti dengan cara memberikan suplemen sirup bagi anak-anak dan kapsul untuk orang dewasa ataupun lanjut usia. Karena tidak semua dari kita sama dalam satu hal, ada juga beberapa orang merasa takut atau trauma terhadap jarum suntik atau bisa karena  keraguan dalam melakukan vaksinasi tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan