Mohon tunggu...
DITA MUNTIACHABIBA
DITA MUNTIACHABIBA Mohon Tunggu... NIM : 2130020051

Public health'20 Unusa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Sudahkah Kamu Berbahasa Indonesia Hari Ini?

26 November 2020   08:43 Diperbarui: 26 November 2020   08:53 9 3 0 Mohon Tunggu...

Sudahkah saya memakai bahasa Indonesia dengan baik dan benar?

Sudahkah saya bangga berbahasa Indonesia?

Pertanyaan - pertanyaan itu hendaknya terlintas disela sela benak generasi muda Indonesia. Bahasa Indonesia yang merupakan bahasa pemersatu dan kesatuan sedikit demi sedikit mulai luntur jati dirinya. Bahasa Indonesia yang seharusnya menjadi bahasa kebanggaan seluruh masyarakat kini mulai dianggap  kuno. Apalagi dengan generasi muda zaman sekarang yang lebih memilih menggunakan bahasa gaul karena dianggap lebih kekinian. Tak jarang juga mereka menggunakan bahasa Indonesia yang salah dan tidak sesuai. 

Pemerintah tidak menuntut untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia menggunakan bahasa Indonesia untuk kesehariannya, hal ini karena Indonesia memiliki banyak bahasa Daerah. Pemerintah juga tidak melarang kita untuk mempelajari bahasa asing. Pemerintah membebaskan rakyatnya untuk memppelajari bahasa - bahasa yang ingin mereka pelajari,dengan kata lain pemerintah mendukung generasi mudanya untuk belajar menuntut ilmu dengan berbagai macam bahasa. Akan tetapi, dengan kebebasan itu harusnya generasi muda tidak lupa diri akan jati diri bahasa mereka,yaitu bahasa Indonesia.

Generasi muda Bangga Berbahasa Indonesia,katanya . Tapi masih malu memakai bahasa Indonesia dengan baik benar.

Generasi muda Menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia,katanya. Tapi masih menganggap bahasa Indonesia adalah bahasa yang kaku kuno dan tidak kekinian

Seharusnya generasi muda tidak malu berbahsa Indonesia. Harusnya mereka bangga dengan memakai bahasa Indonesia. Harusnya meraka bisa mempertahankan bahasa pemersatu kita yaitu bahasa Indonesia. Harusnya mereka ingat dengan isi sumpah pemuda yang terakhir,dengan bunyi "KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA MENJUNJUNG BAHASA PERSATUAN,BAHASA INDONESIA".

Nama : Dita Muntia Chabiba

NIM    : 2130020051

Prodi  : S1 Kesehatan Masyarakat

Kelas : B

VIDEO PILIHAN