Mohon tunggu...
Inovasi

Pengertian dan Kegunaannya Shortcut pada Komputer

19 Oktober 2015   12:37 Diperbarui: 19 Oktober 2015   12:46 8167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

 

Disini saya Dista Pricilia Lorensa akan membahas mengenai shortcut, semoga dapat membantu anda dapat mengerjakan tugas. Baiklah kita akan membahasnya sekarang. Shortcut sering digunakan untuk mempercepat dalam melakukan suatu perintah dalam komputer. Shortcut adalah kombinasi dari beberapa tombol yang bila ditekan secara bersamaan mampu bereaksi melakukan perintah yang kita inginkan, atau lebih jelasnya shortcut itu tombol cepat untuk melakukan suatu perintah pada komputer.

Dengan shortcut, kita bisa melakukan sebuah perintah dengan cepat hanya dengan keyboard tanpa bantuan mouse, limayan lebih cepat beberapa detik. Biasanya shortcut dilakukan oleh pengguna komputer yang sudah mahir. Bila sobat ingin bisa melakukan shortcut, mulai sekarang dimulai latihan menghafal saja shortcut-shortcut nya. Karena hampir semua pada sistem atau aplikasi pada komputer, kita bisa melakukan shortcut disana seperti, Adobe Photoshop, Corell Draw, dan yang lainnya.

Untuk lebih jauh memahami Pengertian Shortcut dan Kegunaannya pada Komputer kita harus rajin untuk mempelajarinya. Fungsi tombol shortcut dibagi menjadi 5 seperti dibawah:

- Control Keys 

Tombol Control bisa di gunakan sendiri maupun di kombinasikan dengan tombol lain.
Contoh Alt, Ctrl, Esc dan Tombol logo WIndows

- Alphanumeric keys

Yang menyangkut tipe ini adalah  deretan huruf mulai A-Z, kemudian tombol angka di bagian atas, serta simbol-simbol yang sering di gunakan (titik, koma, tanda kurung dll)

- Function keys

Function dapat digunakan untuk perintah spesifik, dengan memiliki action yang berbeda pada setiap program. Tombol function dilambangkan dengan huruf F(F1-F12) yang bisa digunakan sebagai tombol shortcut untuk semua program yang ada di komputer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun