Mohon tunggu...
Dispen Kormar
Dispen Kormar Mohon Tunggu... “Tidak apa-apa untuk merayakan kesuksesan tapi lebih penting untuk memperhatikan pelajaran tentang kegagalan.”

Impossible Is Nothing

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Prajurit Korps Marinir Deputasi Pemakaman Anggota TNI yang Gugur di Papua

9 Maret 2019   21:44 Diperbarui: 9 Maret 2019   22:41 0 1 0 Mohon Tunggu...
Prajurit Korps Marinir Deputasi Pemakaman Anggota TNI yang Gugur di Papua
Prosesi Pemakaman Sertu Anumerta Siswanto /dokpri

Korps Marinir kirimkan deputasi dalam pemakaman anggota TNI yang gugur dalam baku tembak dengan Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) di wilayah Distrik Yigi, Kab. Nduga, Papua, pada Kamis (7/3) lalu.

Sebagaimana diketahui prajurit TNI yang gugur adalah anggota TNI yang diserang saat baru tiba di Distrik Yigi Papua dalam rangka mengamankan jalur pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan pembuatan jalan trans Papua.

Sesuai dengan ketentuan bahwa prajurit yang gugur dalam daerah tugas, harus dimakamkan di Taman Makam Pahlawan dengan tradisi Upacara  Militer.

Deputasi Prajurit Korps Marinir TNI AL /dokpri
Deputasi Prajurit Korps Marinir TNI AL /dokpri
Di Jawa Tengah, prajurit Korps Marinir dari Brigif 2 Marinir Pasmar 2 mengikuti upacara pemakaman militer Sertu Anumerta Siswanto Bayu Aji di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Sabtu (09/03/2019)

Sebanyak 2 Peleton prajurit Korps Marinir dibawah pimpinan Lettu Mar Widodo Saputro tersebut selain mengikuti upacara pemakaman, pada Jumat malam juga mengikuti takziah di rumah duka Dusun Sumberejo RT. 7 RW. 1 Desa Mojorebo, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan.

Sertu Siswanto Bayu Aji yang merupakan Bakes Den 1/14 Kopassus adalah salah satu dari tiga korban yang gugur tertembak oleh Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) di wilayah Distrik Yigi Kab.Nduga Papua.

Pemakaman Serda Anumerta Yusdin/dokpri
Pemakaman Serda Anumerta Yusdin/dokpri
Upacara pemakaman jenazah dilaksanakan secara militer yang dipimpin langsung oleh Danrem 073/Makutarama Kolonel Arm Erwansyah dengan Komandan upacara Kapten Inf Afdal E.

Sementara itu dalam waktu yang sama, para prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VI Makassar dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon Mayor Marinir Aang Andy Warta, M.Tr., (Opsla) melaksanakan deputasi penyambutan jenazah Serda Yusdin di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar.

Jenazah Serda Yusdin (23) prajurit Kopassus TNI AD tiba dari bandara Timika Papua pada Sabtu dini hari untuk selanjutnya dibawa ke kampung halamannya di Desa Pongko, Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Prosesi Pemakaman Serda Anumerta Yusdin/dokpri
Prosesi Pemakaman Serda Anumerta Yusdin/dokpri
Upacara pemakaman militer, dipimpin oleh Kolonel Inf Eliyas Mamami Paban Nubika Kopassus TNI AD, setelah sebelumnya dilaksanakan upacara pelepasan dirumah duka, dengan diantar keluarga, handai taulan, dan prajurit TNI menuju peristirahatan terakhir.

Keikutsertaan prajurit Marinir dalam upacara pemakaman tersebut sebagai wujud jiwa korsa dan turut merasa kehilangan atas gugurnya rekan seperjuangan dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x