Mohon tunggu...
Dismas Kwirinus
Dismas Kwirinus Mohon Tunggu... Penulis - -Laetus sum laudari me abs te, a laudato viro-

Tumbuh sebagai seorang anak petani yang sederhana, aku mulai menggantungkan mimpi untuk bisa membaca buku sebanyak mungkin. Dari hobi membaca inilah, lalu tumbuh kegemaran menulis.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

4 Hal Menarik dalam Masyarakat Kesukuan, Ini yang Wajib Kamu Ketahui

30 Juli 2021   09:49 Diperbarui: 30 Juli 2021   10:47 249 54 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Hal Menarik dalam Masyarakat Kesukuan, Ini yang Wajib Kamu Ketahui
Keterangan gambar: Potret masyarakat kesukuan - arsip Desa Tapang Semadak, Dusun Tapang Sambas - Tapang Kemayau, Kec. Sekadau Hilir (Dokumentasi By: Mikael dan Dedy).

Bagi masyarakat Dayak, pengertian tentang masyarakat kesukuan tidak lepas dari pengertian mereka tentang persekutuan religiusnya. Masyarakat kesukuan senantiasa di-samaarti-kan dengan masyarakat religius.

Pengertian tentang 'keselamatan', 'perdamaian' bagi masyarakat Dayak tidak ada bedanya dengan menjalani suatu kehidupan yang sesuai dengan tata kosmos yang telah diatur dan diwariskan sejak awal-mula kejadian dunia dan manusia yang dinyatakan dalam adat dan tradisi, sebagaimana dikutip dalam F. Ukur (1971).

Dalam pola pikir seperti ini, maka nenek moyang mempunyai kedudukan atau peran istimewa dan menentukan. Mereka dipandang dan ditaati tidak hanya sebagai pembantu atau pembina suku, tetapi juga sebagai golongan yang telah megatur tata keselamatan alam seluruhnya.

Sebagaimana ditulis Paulus (2008), bahwa masyarakat kesukuan merupakan kekayaan essensial yang tidak hanya manusia individu sendiri-sendiri, tetapi pula sebagai kelompok sosial, bangsa dalam peranannya memberi nilai-nilai.

Sementara itu, menurut Koentjaraningrat (1986) masyarakat kesukuan merupakan suatu sistem yang sering kali bersifat amat ketat, yang memang mempengaruhi suatu lapangan kehidupan yang sangat luas, sehingga menyangkut banyak sektor kehidupan masyarakat. Meneliti sistem kekeluargaan/kekerabatan dalam suatu masyarakat serupa itu dengan memberi pengertian mengenai banyak kelompok dan pranata sosial lain.

Karena itu pusat persekutuan yang sangat penting di dalam masyarakat kesukuan ini adalah keluarga/kerabat. Keluarga merupakan suku di dalam suku, suatu mikrokosmos di dalam mikrokosmos.

Keterangan gambar 1: Seorang kepala rumah tangga bertanggung jawab penuh atas istri dan anak-anaknya (Dokumentasi By: Raffaele Algenii).
Keterangan gambar 1: Seorang kepala rumah tangga bertanggung jawab penuh atas istri dan anak-anaknya (Dokumentasi By: Raffaele Algenii).

Setiap keluarga mempunyai tanggung jawab dan kedudukan yang sama, seperti halnya setiap individu dan keseluruhan masyarakat mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam memelihara keseimbangan dan keserasian kosmos.

Tugas dan tanggung jawab itu meliputi seluruh aspek kehidupan bersama, secara sosial, ekonomis dan religius. Maka di dalam keluarga setiap anggota baik pria mau pun wanita mempunyai bagian tugas dan tanggung jawab.

Dalam struktur menyeluruh masyarakat suku Dayak tidak diperoleh satu kesatuan yang homogen, melainkan ada kelas-kelasnya. Masing-masing mempunyai sejarah dan mitosnya yang mendasari pola pemikiran mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN