Mohon tunggu...
Dirham saidi siregar
Dirham saidi siregar Mohon Tunggu... MAHASISWA

MAHASISWA

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Pengaruh Pandemi Covid-19 kepada Kehidupan Keluarga

14 Agustus 2020   15:29 Diperbarui: 14 Agustus 2020   15:54 33 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengaruh Pandemi Covid-19 kepada Kehidupan Keluarga
Photo by Unsplash

Setelah adanya pandemi Covid-19, banyak hal yang sudah kita alami mulai dari perubahan kegiatan aktifitas setiap harinya yang biasa kita lakukan, mulai dari bekerja dan belajar,semuanya dilakukan dirumah saja untuk sementara waktu, sekarang ini pemerintah sangat menganjurkan kita untuk berkegiatan hanya disekitar rumah saja dan tidak berpergian jika benar-benar penting , hal ini dilakukan demi memutus rantai penularan virus corona.

Setelah dirumah saja tentunya banyak hal yang terjadi pada kita, salah satunya dampak pada hubungan keluarga,ini bisa kita lihat dari segi positif dan negatifnya, apa saja ? yuk kita bahas.

DAMPAK POSITIF 

picsea-eqltydzrx7u-unsplash-5f364a0b297d680ec54b1305.jpg
picsea-eqltydzrx7u-unsplash-5f364a0b297d680ec54b1305.jpg
BANYAK WAKTU DENGAN KELUARGA

Dikutip dari Mirror.co.uk, empat dari lima orangtua yakin jika dengan adanya karantina membuat keluarga mereka semakin dekat.

Sebuah studi menyebutkan bahwa 2.000 orang dewasa menemukan waktu ekstra di rumah, tanpa gangguan sekolah dan kegiatan ekstra kurikuler, memberi ibu, ayah, dan anak-anak lebih banyak peluang untuk terikat.

Dengan adanya sistem karantina dirumah ini secara tidak langsung memberikan kesempatan seseorang untuk bisa lebih mengenal keluarganya sebagai orang tua kita bisa untuk lebih mengenal anak-anak, misalnya selama ini hanya bertemu beberapa jam saja sehari sekarang bisa lebih puas mengenal anak kita,kita juga bisa mengetahui kebiasaan apa saja yang mereka lakukan disetiap harinya, setelah adanya masa karantina ini yang awalnya kita tidak tahu apa-apa tentang keluarga kita sekarang menjadi tahu.

Selain itu, anggota keluarga juga dapat saling menyesuaikan diri dan menyelesaikan persoalan bersama- sama.

DAMPAK NEGATIF

Photo by Lovepik
Photo by Lovepik

PERBEDAAN PENDAPAT

Setelah adanya sistem karantina mandiri dirumah saja tentunya akan membuat kita akan semakin mengenal keluarga kita baik itu anak-anak maupun pasangan,tetapi menurut penelitian semakin sering bertemu akan semakin rentan pula terjadinya gesekan yang memicu perdebatan, hal ini biasanya terjadi karena perbedaan pendapat . namun jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan ya ,jika terjadi permasalahan sebaiknya kita segera mengatasinya karena apapun masalahnya pasti ada jalan keluarnya. Kita hanya perlu pandai-pandai menyesuaikan diri agar masalah tidak membesar.

Setelah adanya new normal ini baiknya kita beradaptasi kepada kebiasaan baru kita yaitu untuk selalu mengikuti segala aturan dan anjuran yang dibuat pemerintah agar rantai penularan virus ini berakhir, selain itu kita juga tidak tahu kapan pandemic ini akan berakhir. Kita doakan saja agar bumi ini lekas membaik agar bisa beraktifitas normal seperti biasanya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x