Mohon tunggu...
dira maharani
dira maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Dira

Mahasiswa Universitas Andalas Padang (Jurusan Sastra Inggris)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

"PDIKM" Museum Kebudayan di Kota Padangpanjang

26 Juni 2021   09:57 Diperbarui: 26 Juni 2021   10:01 28 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"PDIKM" Museum Kebudayan di Kota Padangpanjang
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

PDIKM adalah Pusat Dokumentasi Dan Informasi Kebudayaan Minangkabau.Terletak di Kota Padang Panjang, Sumatra Barat tepatnya di kelurahan Silain Bawah kecamatan Padang Panjang Barat.

PDIKM merupakan tempat penyimpanan dokumen sejarah budaya Minangkabau. Banyaknya wisatawan yang mengunjungi PDIKM sehingga tempat ini dijadikan pusat pariwisata di Kota Padang Panjang.

Tujuan dari PDIKM sendiri yaitu untuk memberikan informasi tentang kebudayaan Minangkabau, mengumpulkan berbagai macam dokumentasi baik tertulis maupun audio.

PDIKM didirikan pada tanah seluas 2 hektar dengan arsitektur berbentuk rumah gadang. Pada 8 Agustus 1988 di letakkan batu pertama untuk mendirikan museum tersebut. Dan diresmikan pada 19 Desember 1990. Semenjak saat itu telah dikumpulkan lebih dari 3.000 dokumen tentang budaya Minangkabau.

Banyak siswa dari luar kota Padangpanjang datang untuk melihat museum tersebut demi mendapatkan informasi. Tidak sedikit juga warga Padang Panjang yang datang ke PDIKM untuk mengetahui tentang sejarah Minangkabau.

Dulu saat ingin mengunjungi museum tersebut apabila siswa yang sedang dalam masa belajar maka tidak dipungut biaya.

Di PDIKM juga disediakan untuk penyewaan baju adat Minangkabau khas Padang Panjang. Tempat penyewaan pakaian tersebut terletak di bawah basement rumah gadang nya.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x