Mohon tunggu...
Dipo Isya Rafii
Dipo Isya Rafii Mohon Tunggu... Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penyemprotan Disinfektan dan Pembagian Masker untuk Meminimalisirkan Penyebaran Covid-19

16 Desember 2020   11:55 Diperbarui: 16 Desember 2020   12:34 113 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penyemprotan Disinfektan dan Pembagian Masker untuk Meminimalisirkan Penyebaran Covid-19
Pembagian masker kepada warga Rt.004 Rw.06 Kelurahan Kramat Kecamatan Senen (Foto:Dok STMIK Nusa Mandiri) 

Pemerintah Indonesia sendiri mengkonfirmasi kasus COVID-19 pertama di Indonesia pada bulan maret 2020 dimana pada awalnya COVID-19 masih dianggap remeh oleh masyarakat sampai akhirnya angkat korban COVID-19 meledak. Pemerintah Indonesia menerapkan beberapa langkah dengan menganjurkan warganya untuk  tetap berada di rumah hingga pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau disingkat PSBB, hal ini memungkinkan agar masyarakat memiliki keterbatasan dalam beraktifitas hingga berkumpul dengan adanya kemunduran dalam kinerja masyarakat dalam sektor ekonomi yang pada akhirnya berujung pada jatuhnya perekonomian pada skala nasional sampai akhirnya Ketua Gugus Percepatan Penanggulangan COVID-19 dari BNPB memberi saran dengan mengizinkan masyarakat yang berumur 45 tahun kebawah untuk tetap beraktifitas sehingga dapat kembali menggerakkan perekonomian yang telah mundur kembali menjadi normal. Dampak dari COVID-19 sendiri membuat  banyak para warga yang kena PHK. Virus ini dapat ditularkan oleh lingkungan sekitar kita maka para warga dianjurkan untuk menjaga lingkungan sekitar untuk hidup bersih dan hidup sehat agar tidak tertular virus Covid-19.

Dalam rangka ini saya selaku mahasiswa STMIK NUSAMANDIRI sedang melakukan kegiatan KKN ( Kerja Kuliah Nyata ) Upaya Pencegahan Covid 19 Melalui Penyemprotan Disinfektan  dan Pembagian Masker di Lingkungan RT.04 RW.06 Kelurahan Kramat Kecamatan Senen Jakarta Pusat. Pada tanggal 17 Oktober 2020.

1. Apa dampak pandemi virus Covid-19 dilingkungan warga RT.04 RW.06?

2. Bagaimana Kondisi Lingkungan di warga RT.04 RW.06?

3. Apakah warga di lingkungan RT.04 RW.06 sudah mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah ?

Dari bebarapa masalah yang melatar belakangi dan dirumuskan, terdapat tujuan yang ingin dicapai, yaitu ;

  • Agar masyarakat sadar betapa lingkungan sekitar sangat mempengaruhi penyebaran virus ini. Sehingga, kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita untuk meminimalisir penularan virus Covid-19.
  • Untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19 di lingkungan RT.04 RW.06. Sehingga, saya akan melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan tersebut.
  • Agar masyarakat sadar bahwa betapa petingnya menggunakan masker pada saat diluar rumah ,supaya tidak menyebarkan virus ini ke warga sekitar

Masyarakat Sekitar Sentiong terbilang cukup ramai disamping lokasi yang berdekatan dengan pinggir jalan yang selalu ramai dikunjungin mengakibatkan banyaknya hal yang mungkin bisa terjadi seperti pelanggaran protokol kesehatan yang diberikan Oleh Pemerintah yang dapat menyebabkan penularan COVID-19 dengan cepat.

Kelurahan ini memiliki penduduk sebesar 33.932 jiwa dan luas 70.820 km.Batas wilayah kelurahan kramat sebelah utara:Jl.Kramat Bunder berbatasan dengan wilayah kelurahan senen.Sebelah Timur,rel kereta api berbatasan dengan wilayah kelurahan Tanah Tinggi.Sebelah Selatan,Jl.Kramat Lontar berbatsan dengan wilayah kelurahan paseban.Sebelah Barat ,Jl.Kramat Raya berbatasan dengan wilayah Kelurahan Kwitang.

Pada bulan Juli 2020 di wilayah RT.04/RW.06 ada 15 orang yang terpapar covid-19 sampai saat ini bulan Oktober 2020 jumlah kasus covid-19 di wilayah RT.04/RW.06 bertambah menjadi 25 orang.Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,salah satunya adalah penggunaan masker. 

Adapun tujuan saya dalam KKN ini "Agar masyarakat sadar bahwa pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah dengan menggunakan masker saat pandemi virus covid-19 ini.Sehingga mengurangi penularan dan penyebaran covid-19.Selain itu untuk membantu masyarakat yang kurang mampu ditengah covid-19 ".Oleh karena itu saya akan membagikan makanan dan masker dilingkungan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN