Mohon tunggu...
Diyo Suroso
Diyo Suroso Mohon Tunggu... Pengantin Baru

Nama saya Diyo Suroso, bisa dipanggil Diyo.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Akad Nikah di Jombang Viral Setelah Pakai Media Tali

2 April 2020   06:48 Diperbarui: 2 April 2020   07:04 19 1 1 Mohon Tunggu...

Pandemi virus corona telah membuat banyak aktivias masyarakat harus dimoodifikasi sedemikian rupa agar tidak menjadi sebab tersebarnya wabah ini, termasuk prosesi pernikahan. Karena telah saling mencintai dan berjanji untuk menikah, pasangan kekasih bernama Ifan Saefudin dan Miftahul Firdaus di Jombang, Jawa Timur tetap melaksanakan akad nikah di tengah merebaknya wabah ini.

Namun ada yang unik saat prosesi ijab qabul, pasalnya pengantin laki-laki dan penghulu tidak berjabat tangan melainkan saling memegang tali. Nampak tali berwarna putih dengan ukuran sedang dan tidak terlalu panjang itu dipegang oleh keduangan pada bagian ujungnya.

Menurut keterangan, setelah mengucapkan kalimat ijab, penghulu kemudian menarik tali untuk memberikan isyarat kepada Ifan untuk menjawabnya. Peristiwa akad nikah unik ini terjadi di sebuah mushola Desa Sumberjo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. Selain menggunakan tali, sang pengantin dan penghulunya pun terlihat mengenakan sarung tangan lengkap dengan masker.

Prosesi acara pun terpaksa dilakukan secara sederhana dengan dihadiri oleh 10 orang dari keluarga dekat. Selaras dengan pengantin dan penghulu, semua orang yang menghadiri acara pun nampak juga memakai masker dan sarung tangan.

Tentu saja semua hal tersebut dilakukan sebagai bentuk patuh kepada pemerintah pusat yang menyarankan masyarakat Indonesia untuk mengurangi kontak fisik dan menjaga jarak dengan orang lain atau dikenal dengan istilah physical distancing.

Hasanudin, penghulu Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Jombang menyatakan akad nikah unik ini tetap sah. Dilansir dari inews.id Hasanudin berkata, "kami semua memakai masker, sarung tangan dan tali ini sebagai upaya lahiriah untuk mencegah penyebaran corona, tapi tidak mengurangi makna pernikahan itu sendiri."

Meski dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan di tenga pandemi virus corona, Ifan mengaku tetap bahagia karena impiannya untuk menikahi gadis pujaan hatinya tercapai. "Sempat takut tidak lancar akadnya, tapi setelah semua berjalan lancar, saya lega," ungkapnya.

Sumber: inews.id

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x