Mohon tunggu...
Dinas Sosial DKI Jakarta
Dinas Sosial DKI Jakarta Mohon Tunggu... Jurnalis - Dinas Sosial DKI Jakarta

Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta adalah salah satu SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang bertanggungjawab langsung kepada Gubernur DKI Jakarta. Ruang lingkup kinerja dinsos adalah penanganan permasalah sosial seperti kemiskinana, bencana, PMKS dan lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bekerja dengan Hati, Bawa Mardiah Melaju Ikut Seleksi PSM Berprestasi Tingkat Nasional

15 September 2019   19:56 Diperbarui: 15 September 2019   20:00 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menjalani tugas sebagai Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) tentunya memiliki suka duka yang dihadapi. Mardiah, PSM yang berasal dari Kelurahan Cipedak, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan menerjemahkan dua hal tersebut menjadi motivasi dalam menjalani tugasnya. "Kalau saya, semuanya dibawa enjoy dan dinikmati. Kalau nemu susahnya, itu tantangan. Dengan adanya susah, itu kita jadi bisa berbuat lebih banyak. Makanya saya tanamkan di hati saya, gak ada duka. Adanya suka," ungkap Mardiah, (Jumat 13 September 2019).

"Jadi bagi saya susahnya itu gak ada. Ketika orang lain bisa tersenyum, hilang tuh semuanya dukanya. Susahnya itu ketika melihat orang lain susah dan sedih. Saya selalu mikir, apa yang bisa saya perbuat. Jadi kalau ada yang nanya suka duka, ya banyak sukanya. Dukanya saya jadikan motivasi," tambahnya.

13-5d7e33d40d82305cca26d1c2.jpg
13-5d7e33d40d82305cca26d1c2.jpg

Mardiah menjalani tugasnya sebagai PSM sejak 1989. Kala itu ia bercita-cita ingin menjadi manusia berguna bagi nusa dan bangsa. Namun, Mardiah menyadari tidak banyak peluang baginya, mengingat latar belakang pendidikannya hanya sampai bangku SMP.

3-5d7e33e50d82306d0d434522.jpg
3-5d7e33e50d82306d0d434522.jpg

"Ya waktu itu saya berpikir, bagaimana bisa berguna kalau pendidikan saya saja rendah. Ekonomi saya sangat terbatas. Rumah masih reot. Akhirnya waktu itu saya melihat ada Posyandu. Saya menawarkan diri untuk bantu-bantu di sana. Terus berikutnya jika ada posyandu, saya diinfokan. Terus kemudian saya ditawari menjadi simpatisan pekerja sosial," ungkapnya.

5-5d7e34c9097f3628ec37af92.jpg
5-5d7e34c9097f3628ec37af92.jpg

Selama dirinya menjadi PSM banyak terobosan yang dilakukan, salah satunya adalah Koin Peduli. Mardiah terinsipiransi, ketika melihat uang jatuh di jalan atau dimanapun, untuk dikumpulkan dan digunakan pada hal-hal yang bermanfaat. Kemudian ide tersebut disosialisasikannya kepada masyarakat dalam kegiatan Jumat Bersih. Hingga saat ini, gagasan Koin Peduli tersebut masih berjalan dan memberikan banyak manfaat, terlebih ketika ada orang yang sedang sakit. "Awalnya sih idenya sepele ya, tapi ternyata kalau dikumpulkan bisa banyak dan bermanfaat. Kalau tidak digunakan, disimpan sebagai simpanan kelompok. Nanti kalau ada yang butuh silahkan digunakan," terang Mardiah.

6-5d7e34d6097f3635c751ffa2.jpg
6-5d7e34d6097f3635c751ffa2.jpg

Tak hanya itu, Mardiah juga membuat Kelompok Peduli Gizi, dimana bersinergi dengan pihak kelurahan dan kecamatan setempat. Kegiatan ini mengajarkan kepada para Ibu untuk menjaga kesehatan bagi keluarga. "Ada dokter atau dari pihak kelurahan dan kecamatan yang hadir mengisi kegiatan ini. Antusias Ibu-ibunya juga terlihat, karena ini merupakan materi penting dalam menjaga kesehatan keluarga," ungkapnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun