Mohon tunggu...
Dinas Sosial DKI Jakarta
Dinas Sosial DKI Jakarta Mohon Tunggu... Dinas Sosial DKI Jakarta

Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta adalah salah satu SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang bertanggungjawab langsung kepada Gubernur DKI Jakarta. Ruang lingkup kinerja dinsos adalah penanganan permasalah sosial seperti kemiskinana, bencana, PMKS dan lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Petugas Panti Sosial Dilatih Tanggap Bencana

11 April 2019   16:41 Diperbarui: 11 April 2019   17:25 0 1 1 Mohon Tunggu...
Petugas Panti Sosial Dilatih Tanggap Bencana
Dinsos Provinsi DKI Jakarta

Jakarta - Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan akan bencana, Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Balita Tunas Bangsa bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menggelar Pelatihan dan Sosialisasi Penanggulangan Bencana pada Kamis (11/4).

Dalam acara tersebut dilakukan simulasi dan latihan penanggulangan bencana yang diikuti oleh peserta yang merupakan petugas panti.

Dinsos Provinsi DKI Jakarta
Dinsos Provinsi DKI Jakarta
Kepala Seksi Pencegahan BPBD DKI Jakarta, Rian Sarsono, mengungkapkan acara tersebut dilakukan di panti, karena panti merupakan salah satu kelompok rentan yang didalamnya terdapat anak balita, lansia, hingga ibu hamil ataupun menyusui. Hal sebagaimana yang diamanatkan dalam UU No.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Dinsos Provinsi DKI Jakarta
Dinsos Provinsi DKI Jakarta
"Di sini, relawan ataupun petugas panti wajib mengetahui tindakan pertolongan pertama dan tanggap bencana," jelas Rian.

Dinsos Provinsi DKI Jakarta
Dinsos Provinsi DKI Jakarta
Kepala PSAA Balita Tunas Bangsa, Ucu Rahayu mengapresiasi acara pembinaan dan pelatihan tersebut. Ia mengatakan pelatihan penanggulangan bencana ini, merupakan kali pertama yang dilakukan di PSAA Balita Tunas Bangsa.

"Ini kan pertama kalinya semua elemen petugas di panti mengikuti pelatihan. Mereka aktif bertanya dan skeptis tentang apa saja yang dilakukan jika terjadi bencana," ujar Ucu.

"Saya harap seluruh peserta dapat menyerap dengan baik pelatihan ini. Mereka mungkin juga sharing ilmu kepada petugas sosial lainnya, mengenai pertolongan pertama pada korban bencana juga tentang materi dan simulasi evakuasi gempa bumi," tutupnya. (mar)