Mohon tunggu...
Dini Nurani Rahmawati
Dini Nurani Rahmawati Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi, Konten Kreator (Youtube, Instagram, Tiktok)

Guru Biologi SMA Muslimin Cililin, Guru Biologi SMA Negeri 1 Cililin, Guru Pamong Biologi PPG Daljab Kategori 2 UNPAS Bandung Tahun 2022, CGP Angkatan 7 Kabupaten Bandung Barat, Pengurus (Wakil Sekertaris) MGMP Biologi Kabupaten Bandung Barat, Anggota Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Bandung Barat, Anggota Perhimpunan Pendidik Biologi Indonesia Folia (PPBIF), Pengurus Dharmawanita Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung Barat.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tugas 1.3.a.3 Mulai dari Diri Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

30 November 2022   23:49 Diperbarui: 1 Desember 2022   00:02 48734
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tugas 1.3.a.3 Mulai dari Diri Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

"Imajiku tentang Muridku di Masa Depan, Melengkapi Kalimat Rumpang, Visiku untuk Masa Depan"

Fasilitator : Lili Indarti, S.S., M.Hum.

Pengajar Praktik : Nursari Endah, S.Pd.

Tujuan Pembelajaran Khusus: Calon Guru Penggerak mampu merumuskan visi pribadi mengenai murid dan sekolah yang menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila.

Pada tugas kali ini, saya akan memaparkan  tentang Refleksi Mandiri 1 tentang Imajiku tentang Muridku di Masa Depan. Refleksi Mandiri 2, Melengkapi Kalimat Rumpang sehingga dapat menggambarkan visi tentang murid dan sekolah yang saya harapkan. Refleksi Mandiri 3 merumuskan visi saya untuk murid saya di masa depan sesuai dengan pertanyaan yang kita jawab.

Refleksi Mandiri 1

Berdasarkan gambar imajiku tentanfg muridku di masa depan yang saya buat, saya membayangkan murid-murid saya kelak memiliki karakter yang positif sebagaimana yang tertuang dalam Profil Pelajar Pancasila. Saya berharap mereka menjadi seseorang yang Religius yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Saya juga berharap mereka menjadi individu yang mandiri yang mampu berdiri sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain. 

Saya sangat mengharapkan murid-murid saya memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif sehingga ketika dihadapkan pada satu permasalahan atau peristiwa mereka tidak langsung mempercayainya begitu saja akan tetapi memikirkan terlebih dahulu akan kebenarannya atau memikirkan tentang keputusan atau solusi yang akan diambilnya itu apakah sudah tepat atau belum. Saya juga memimpikan mereka menjadi individu yang mampu berkolaborasi dengan orang lain, karena pintar untuk diri sendiri saja tidak cukup tapi harus mampu mengajak orang lain dan berbagi dengan orang lain. 

Saya juga menginginkan murid-murid saya memiliki keterampilan dalam berkomunikasi, menyampaikan pendapatnya dan buah pemikirannya dihadapan orang lain dengan penuh rasa percaya diri. Mereka juga harus memiliki daya saing atau memiliki nilai kompetitif yang mampu bersaing dengan orang lain sehingga kompetensinya dapat teruji melalui sebuah kompetisi dan memiliki jiwa pemenang. Dan yang terakhir adalah saya mengharapkan murid saya menguasai teknologi yang sesuai dengan perubahan zaman saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun