Mohon tunggu...
Fadia Ramadini
Fadia Ramadini Mohon Tunggu... Mahasiswa - hallo ini dini!

tulisan untuk tugas dan portofolio

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penurunan Level PPKM, Keadaan Ekonomi Pasar Tradisional Mulai Membaik

3 Desember 2021   21:05 Diperbarui: 3 Desember 2021   21:07 41 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Jakarta - Menurunnya angka kasus Covid-19, membuat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM mengalami penurunan level seperti di wilayah Jawa Bali yang diukur dari capaian vaksinasi daerah tersebut. PPKM level 1 artinya capaian total vaksinasi dosis 1 (satu) minimal sebesar 70% dan capaian vaksinasi dosis 1 (satu) lanjut usia di atas 60 (enam puluh) tahun minimal sebesar 60% (enam pu- luh persen). Keadaan Ekonomi pun mulai membaik seiring berjalannya waktu. Ekonomi Indonesia diperkirakan semakin membaik memasuki kuartal keempat tahun ini sejalan dengan pelonggaran PPKM dan kinerja perdagangan yang kinclong.

Hal tersebut juga dirasakan oleh para pedagang di pasar tradisonal. Seperti yang diketahui bahwa keadaan ekonomi sempat memburuk akibat pandemi Covid-19, banyak gerai miliki para pedagang mulai dari pedagang sayur, buah, ikan dan sembako yang tutup akibat pandemi. Keadaan seperti ini dirasakan oleh salah satu pedagang sembako di pasar tradisional Depok.

"Keadaan pasar sekarang jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya, dagangan banyak yang laku ketimbang sebelumnya. Saat kasus Covid lagi naik, saya rugi besar karena tidak laku." Tutur Ucok, salah satu pedagang sembako (30/11)

Hal yang sama dirasakan, pak sugeng penjual frozen food yang sebelumnya banyak frozen food yang kadaluarsa akibat tidak laku-laku.

 "Sekarang sudah lumayan banyak yang beli, karena anak-anak mulai sekolah juga. Jaid ibu-ibu banyak yang Kembali stock frozen food untuk bekal anaknya" tutur Sugeng (30/11)

Dari ungkapan salah para pedagang tersebut dapat dikatakan bahwa pedagang pasar mulai merasakan lagi keuntungan dari hasil penjualannya meskipun tidak besar jumlahnya. Para pedagang berharap kasus Covid terus menurun sehingga tidak diberlakukan lagi PPKM sampai level keempat. Saat ini para pedagang di pasar dan juga pengunjungnya menaati protokol kesehatan seperti memakai masker selama kegiatan jual-beli berlangsung.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan