Mohon tunggu...
Fadia Ramadini
Fadia Ramadini Mohon Tunggu... Mahasiswa - hallo ini dini!

tulisan untuk tugas dan portofolio

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Aku dan Himakom

17 November 2021   23:51 Diperbarui: 18 November 2021   00:01 564
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Matahari semakin terang menembus sela-sela gorden yang tertutup. Aku terbangun dari tidur lelap sambil merenggangkan tubuh yang lelah akibat begadang dihari sebelumnya. Menapakan kaki di lantai yang hangat dan melihat jam yang menunjukan pukul 10 pagi, ternyata aku telat lagi untuk ikut kelas pertama di jam 8, lalu aku meraih ponsel di meja sambil berbaring kembali.

Saat membuka ponsel grup-grup di Whatsapp sudah sangat ramai, aku membuka satu grup yang pesannya sampai ratusan yaitu grup angkatan, ternyata tredapat informasi bahwa  akan diadakannya open recruitment oleh himpunan jurusanku yaitu Himakom ( Himpunan Ilmu Komunikasi). Aku sangat excited karena memang sanagt ingin bergabung dari lama, aku langsung memberitahu ke grup teman-temanku ternyata beberapa dari mereka sepakat ingin ikut open recruitment juga, namun aku sempat bingung karena banyak pilihan divisi dalam himpunan tersebut. Ohiya sebelum lebih jauh perkenalkan, namaku Dini mahasiswi semester 5 jurusan Ilmu Komunikasi, saat mendaftar di himakom aku masih semester 3.

Sambil sarapan yang sudah sangat telat, aku mencoba membuka Instagram himpunan tersebut, mencari tahu dan membaca persyaratan yang tertulis dan apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar. 

Setelah membaca semuanya, aku memberanikan diri untuk mendaftar di salah satu divisi yang sebelumnya tidak pernah ku ketahui yaitu Divisi SDO ( Sumber Daya Organisasi) , berbekal pengalaman organisasi di masa SMA, saat wawancara aku memberanikan diri dan percaya diri  dalam menjawab semua pertanyaan dan benar saja selang beberapa hari, aku dinyatakan diterimadi divisi yang ku pilih. Ohiyaa sebelumnya SDO sendiri adalah divisi yang menjalakan Roda Organisasi, dimana divisi yang menyelesaikan persoalan di internal maupun eksternal. SDO juga bertugas untuk mengevaluasi kelebihan dan kekurangan kinerja setiap divisi dalam Himakom.

Perjalanan organisasi pun dimulai, seperti yang kita ketahui organisasi adalah salah satu kegiatan untuk seseorang mengembangkan bakat dan minatnya dalam berbagai kegiatan kampus maupun kegiatan sosial, sesuai dengan Tri Dharma perguruan tinggi.

Setiap jurusan mempunyai kegiatan untuk memeperkenalkan apa saja yang ada dalam jurusan tersebut dan siapa saja dosen pada jurusan tersebut. Pada Jurusan Ilmu Komunikasi, terdapat satu acara yang di laksanakan oleh Himakom yaitu OKK ( Orientasi Kegiatan Komunikasi) acara tersebut bertujuan untuk menyambut mahasiswa baru dan memperkenalkan prodi ilmu komunikasi lebih jauh kepada mahasiswa baru. Dalam kegiatan tersebut aku menjadi BPH acara detailnya menjadi Bendahara yapp bener banget, tugasku membuat anggaran dana dan mengatur semua keuangan selama acara ini berlangsung. Pada kegiatan selanjutnya yaitu acara LDK ( Latihan dasar kepemimpianan) kali ini aku menjadi Sekretaris Acara, waw makin naik aja gak si?, saat menjadi sekretaris aku mengerjakan segala perizinan, undangan dan tentunya proposal kegiatan untuk kampus, selain menjadi Sekretaris aku pun menjadi dirigen untuk mengiringi lagu Indonesia Raya saat pembukaan kegiatan.

Bulan Desember , divisiku mengadakan perjalanan ke pesisir, yaitu ke Cilincing di Jakarta Utara. Disana kami berkenalan dengan komunitas setempat untuk bisa belajar dan bermain bersama anak-anak di Pesisir tersebut disana aku mengobrol dengan para pendiri dan mengikuti kegiatan wokeshop mereka tentang anak-anak dipesisir ini. Sebagai divisi yang mengevaluasi kinerja setiap anggota, pada bulan desember akhir, divisiku mengadakan rapat pertiga bulan untuk mengevaluasi dan mengetahui kegiatan yang akan berjalan kedepannya, aku bertanggung jawab untuk menentukan tempat dan menyiapkan segala kebutuhan saat rapat berlangsung

Dalam proses menyiapkan beberapa program kerja, Himpunan ku mendapat berita bahwa terjadinya banjir dan gempa bumi disalah satu daerah di Indonesia, dengan sigap kami melakukan penggalangan dana untuk korban banjir dan gempa bumi. Aku bertugas dalam menentukan titik-titik melakukan penggalan dana dan tentunya ikut turun kejalan. Kegiatan Galang dana ini berlangsung selama 3 hari yang mmebuahkan hasil untuk dikirimkan kepada korban yang membutuhkan. Dalam kegiatan ini kami dibantu oleh beberapa mahasiswa ilmu komunikasi lainnya. 

Program kerja  selanjutnya adalah RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak ) kegiatan ini diadakan di salah satu Yayasan yang berada didekat kampus selama satu bulan. Dalam kegiatan aku bertugas sebagai divisi Acara dan divisi kreatif, dimana aku menyusun jalannya cara sekaligus membuat ide-ide apa saja yang akan dilaksanakan dalam kegiatan ini. Dibeberapa kesempatan aku juga menjadi MC selama acara. RPTRA ini merupakan acara yang sangat seru dan tentunya memberikat banyak sekali pelajaran untuk kita dan adik-adik perserta RPTRA.

Kegiatan selanjutnya adalah bakti sosial yang diadakan di salah satu kampung pemulung di daerah Menteng. Aku disini sebagai PJ pengajar yang bertugas membuat soal dan memberikan arahan-arahan kepada pengajar lainnya sebelum mereka terjun kelapangan untuk mengajar anak-anak dalam bakti sosial, selain itu aku juga membantu kegiatan dokumentasi dalam beberapa mengambil potret kegiatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun