Mohon tunggu...
Dini Fitriyanti
Dini Fitriyanti Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 2 SDN Pasanggrahan 1

5 Agustus 2022   19:15 Diperbarui: 5 Agustus 2022   19:24 158 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Team Kampus Mengajar SDN Pasanggrahan 1. Dokpri

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, Kemendikbudristek resmi meluncurkan program-program inovatif yang salah satunya adalah Kampus Mengajar. 

Program ini telah resmi diluncurkan pada 9 Februari 2021 sebagai program yang mengharuskan para mahasiswa dari berbagai latar pendidikan untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan dengan cara terjun langsung ke sekolah-sekolah, khususnya sekolah yang berada pada wilayah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal).

Dengan demikian, mahasiswa sebagai agen perubahan atau agent of change diharapkan akan membantu meningkatkan kualitas pendidikan di jenjang SD dan SMP khususnya pada bidang literasi dan numerasi.

Setelah program Kampus Mengajar Perintis dan Kampus Mengajar angkatan 1 telah terealisasi dan berjalan dengan sukses di seluruh wilayah Indonesia, Kemendikbudristek dengan dukungan LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) dan Kementerian Keuangan meluncurkan kembali program Kampus Mengajar angkatan 2 yang masa tugasnya yaitu dari 2 Agustus -- 17 Desember 2021.

Program lanjutan ini ditujukan untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berakreditasi B atau C di seluruh Indonesia serta memberikan solusi bagi sekolah yang terdampak pandemi khususnya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Ada sekitar 22.000 mahasiswa dari seluruh Indonesia yang disebar ke 3.400 SD dan 375 SMP di 491 kabupaten dan kota.

Salah satu sekolah sasaran yang terpilih adalah SDN Pasanggrahan 1 yang berada di Desa Pasanggrahan RT 021/ RW 007 Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tim Kampus Mengajar yang ditempatkan di SD tersebut beranggotakan enam orang yang berasal dari dari Perguruan Tinggi dan Program Studi yang berbeda-beda.

Dalam pelaksanaannya, tim mahasiswa berfokus kepada peningkatan kemampuan literasi, numerasi, adaptasi teknologi, serta administrasi sekolah. Ada beberapa kegiatan inovatif yang berhasil dilakukan oleh para mahasiswa kampus mengajar angkatan 2 SDN Pasanggrahan 1 ini, diantaranya :

1. Aspek Pembelajaran

- Mengajar / mendampingi guru dalam proses pembelajaran (Pembelajaran tematik, literasi, dan numerasi)

Mengingat keterbatasan sarana dan prasarana ketika proses pembelajaran dilaksanakan secara full online, maka kegiatan pembelajaran pun dilakukan secara tatap muka terbatas di madrasah terdekat serta beberapa lokasi yang telah ditentukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Tim membantu guru dalam proses pembelajaran dengan menyelenggarakan beberapa kegiatan interaktif dan menyenangkan bagi anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan