Mohon tunggu...
Dini Adha Pawestri
Dini Adha Pawestri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI

Akun ini dibuat sebagai bagian dari Program KKN Tematik UPI

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa UPI Beraksi Nyata di Kala Pandemi? Bisa!

25 Juli 2021   17:41 Diperbarui: 31 Juli 2021   14:05 41 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UPI Beraksi Nyata di Kala Pandemi? Bisa!
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada bulan Juli Tahun 2021, Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia menjalankan program Kuliah Kerja Nyata Tematik UPI Tahap I. Kegiatan ini selain merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa juga merupakan suatu bentuk usaha dari UPI untuk turut serta membantu masyarakat menanggulangi dampak dari pandemi Covid-19 terutama dalam bidang pendidikan yang menjadi salah satu fokus kajian UPI.

Pendidikan merupakan salah satu sektor yang cukup berdampak akibat dari Pandemi kali ini karena seluruh kegiatan dilakukan secara daring (dalam jaringan). Hal ini membuat semuanya harus berusaha menyesuaikan diri dengan perubahan teknologi yang ada. Tiga peran penting dalam pendidikan kali ini yaitu terdapat pada guru, siswa, dan orang tua wali murid. Guru berperan untuk memberikan pelajaran yang inovatif, siswa yang harus menyesuaikan diri dengan keadaan, dan adanya orang tua yang senantiasa mendukung siswa. Banyak yang bisa menyesuaikan diri dengan perubahan secara cepat, namun banyak juga yang tidak.

Oleh karena itu, mahasiswa UPI hadir untuk membantu melakukan pendampingan pembelajaran secara daring kepada guru, siswa, maupun orang tua siswa. Hal ini akan menjadi lebih baik jika di lakukan dilingkungan masing-masing karena akan membuat lebih banyak manfaat yang tersebar pada 3000 titik. KKN kali ini, saya lakukan di Desa Ciriung, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Lebih tepatnya di SDN Ciriung 04, sekolah ini saya pilih karena merupakan sekolah yang dekat dengan tempat tinggal saya dan merupakan salah satu sekolah dasar terbaik. Disana saya dan seorang teman saya melakukan KKN pada jenjang kelas yang berbeda. Para guru dan kepala sekolah juga cukup menyambut baik kedatangan mahasiswa kesana.

Mahasiswa turut serta membantu dalam berbagai kegiatan seperti administrasi maupun pembuatan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi. Mahasiswa juga membantu mendampingi siswa dalam kegiatan pembelajaran maupun memberikan berbagai penguatan. Untuk orang tua siswa juga diberikan beberapa pendampingan seperti dalam hal tips mendampingi anak menghadapi pembelajaran. Dengan memberikan penguatan pada tiga aspek tersebut, maka akan cukup membantu kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa pada suatu sekolah. Maka dari itu, UPI tidak pernah bosan untuk selalu menebar manfaat lebih banyak lagi terutama di masa pandemi lewat berbagai kegiatan dan program kerjanya yang salah satunya adalah KKN Tematik UPI.

Untuk itu, kali ini saya juga akan membagikan tips untuk tetap bersemangat menghadapi sekolah daring. Pertama, siapkan niat untuk tetap fokus pada sesuatu yang ingin dikerjakan. Kedua, kurangi bermain media sosial ataupun bermain games (bisa juga dengan memberikan jadwal). Ketiga, carilah tempat yang cukup nyaman untuk melakukan pembelajaran daring seperti di halaman rumah ataupun di kamar. Keempat, jangan lupa untuk tetap istirahat dan menikmati udara segar agar tubuh dapat kembali segar dan siap menjalankan pembelajaran daring esok hari.

Jangan pernah takut untuk menebarkan manfaat, terutama dari hal-hal kecil yang ada di sekitarmu!

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN