Mohon tunggu...
dindavictoria
dindavictoria Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi saya nonton drama korea olahraga memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kesan dan Pesan Selama Mengikuti Geladi

29 Mei 2022   22:39 Diperbarui: 29 Mei 2022   23:05 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkenalkan nama saya Dinda Victoria dari Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2021. Awalnya saya tidak tahu kalau ada Geladi Hominisasi sampai akhirnya teman saya mengajak untuk ikut geladi sebagai salah satu syarat kelulusan. Akhirnya saya didaftarkan untuk ikut geladi tersebut. tetapi sebelum geladi dilaksanakan, terdapat tugas pra - geladi yaitu untuk memilih stanza yang menurut saya menarik di lagu Indonesia Raya.

Awalnya saya cuma mengetahui kalau lagu kebangsaan kita hanya memiliki 1 stanza, ternyata terdapat 3 stanza didaam lagu tersebut. Karena tugas tersebut saya jadi mengetahui tentang lagu kebangsaan. Akhirnya saya memilih stanza 3 yang menurut saya menarik. Pada saat hari H gladi , saya diberi tugas yaitu membuat berbagai karya kreatif untuk mengajarkan kepada masyarakat bahwa pentingnya berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Alasan saya memilih untuk membuat sebuah drama singkat tentang topik tersebut. pengalaman saya mengikuti gladi ini adalah saya  mendapat banyak ilmu dan teman baru. Karena diwajibkan untuk on camera pada zoom meeting, jadinya saya mengenal wajah dari teman-teman saya. Drama yang hanya sebentar itu membuat saya mendapat banyak kenalan tidak hanya dari jurusan saya melainkan dari jurusan lain. Saya bisa berkomunikasi dengan baik ketika diskusi kelompok dan menjadi dinamis.  Menurut saya kemampuan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sangat penting karena itu merupakan cerminan hidup kita. Disaat kita berbahasa yang baik, orang akan menjadi segan ketika mengobrol dengan kita, tetapi jika kita berbahasa kurang baik, orang pun jadi malas untuk mengobrol dengan kita.

Logika juga penting dalam kehidupan bangsa kita karena  jika kita berpikiran dengan perasaan saja, tidak mementingkan logika itu dapat membuat salah dalam pengambilan keputusan atau salah menilai tentang orang/sesuatu. Manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti gladi yaitu saya akhirnya bisa berbahasa Indonesia yang baik dalam pergaulan saya sehari-hari. Kemampuan berbahasa yang baik akan saya terapkan didalam perjalanan kuliah saya, karena pertama didalam kuliah kita bertemu dengan dosen jadi kita harus bisa berbahasa Indonesia yang baik tidak boleh berbicara seenaknya. Kedua didalam pergaulan juga terdapat kakak tingkat , kita juga harus menjaga tutur kata kita dalam berbicara kepada mereka karena mereka sebagai senior kita. Dan juga terhadap adik tingkat kita, mereka akan memberikan nilai positif jika kakak tingkatnya dapat memberi contoh berbahasa yang baik kepada adiknya.

Cara untuk meningkatkan pikiran saya sebagai warga negara yaitu dengan menonton berita atau menonton debat di televisi. itu saya lakukan karena memaksa saya untuk berpikir kritis ketika ada sebuah permasalahan dalam kehidupan bermasyarakat , saya sebagai mahasiswa harus bisa memberikan solusi agar permasalahan itu dapat terselesaikan. Demikian kesan dan pesan saya dalam mengikuti Geladi Hominisasi ini sekian dan terimakasih.   

#unpar #geladihominisasi #universitaskatolikparahyangan #ppilph #lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun