Mohon tunggu...
Dinda Rahmalia Sudiana
Dinda Rahmalia Sudiana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Bandung yang gemar masak dan musik.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKNT UPI 2021: Jika Anak Stres Saat Pembelajaran Daring, Orangtua Harus Bagaimana?

25 Juli 2021   11:10 Diperbarui: 25 Juli 2021   11:33 33 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKNT UPI 2021: Jika Anak Stres Saat Pembelajaran Daring, Orangtua Harus Bagaimana?
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di masa pandemi COVID-19 ini banyak terjadi perubahan yang membuat kita semua harus bisa beradaptasi. Salah satunya si anak yang harus melakukan pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh dari rumah. Ditambah, kita semua belum tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Hal ini tentu membuat banyak di antara kita menjadi stress dan cemas karena diharuskan terus berdiam diri di rumah, tidak terkecuali pula anak-anak. 

Kebingungan dan kecemasan dapat dirasakan oleh anak ketika dihadapkan dengan berbagai aturan dan perubahan yang baru ini. Anak bisa merasakan kesal, takut, sedih, bingung, dan khawatir di masa pandemi ini. Apalagi, pembelajaran daring yang dirasa membosankan karena harus dilakukan di rumah dapat menjadi beban tersendiri bagi si anak.

Sebagai orangtua, kita dapat membantu mereka mengatasi stress dengan mendengarkan dan menghibur mereka. Dilansir dari WHO (World Health Organization), berikut beberapa cara membantu anak mengatasi stress dengan melakukan beberapa hal berikut:

1. Dengarkan anak jika ia menyuarakan isi hatinya

Bicaralah pada si anak. Ajak anak untuk bercerita tentang aktivitasnya dan juga apa yang dirasakannya beberapa waktu terakhir. Jadilah terbuka pada si anak. Bicaralah dengan lembut dan hibur si anak. Terima apa yang mereka rasakan dan berikan kenyamanan serta dukungan kepada mereka. 

2. Berikan waktu pada si anak untuk bermain dan bersantai

Orangtua dapat mengajak anak untuk bermain games atau mengadakan sesi bercerita. Bisa juga untuk memberikan si anak waktu untuk dirinya sendiri bermain dan bersantai.

3. Buat rutinitas untuk belajar, bermain, dan bersantai dengan aman

Menentukan waktu kapan untuk belajar, bermain, dan bersantai tentu menjadi hal yang sangat penting. Buatlah jadwal harian untuk belajar, bermain, berolahraga, dan bersantai. 

4. Sampaikan situasi yang sedang dialami dengan kata-kata yang mudah dipahami

Meskipun bukan hal yang mudah, menjelaskan mengenai situasi pandemi COVID-19 pada si anak merupakan hal yang sangat penting. Tetapi, pastikan orangtua menjelaskan dengan kata-kata yang mudah dipahami oleh si anak. Berikanlah fakta terkait virus Corona yang terjadi saat ini dan usahakan agar orangtua tetap tenang dan tidak menakutinya saat memberikan informasi tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN