Mohon tunggu...
Dinda FridaAzhari
Dinda FridaAzhari Mohon Tunggu... Seorang bankir yang mempunyai hobi di bidang jurnalistik

Hi!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Statistik Sosial, Ilmu dalam Kehidupan Sosial

27 April 2020   13:03 Diperbarui: 27 April 2020   13:04 481 0 0 Mohon Tunggu...

PENGANTAR

Pada dasarnya fenomena yang terjadi dilingkungan sekitar dapat digunakan sebagai dasar melakukan penelitian. Aktivitas sosial yang terjadi antar individu dalam masyarkat dapat menjadi contoh dasar penelitian yang dilakukan. Aktivitas yang beragam antar individu dapat memunculkan pemikiran yang bisa digunakan sebagai hipotesa dari penelitian. Penelitian yang dilakukan membutuhkan data yang  dapat memberikan informasi mengenai fenomena yangsedang diteliti. Semakin kompleks permasalahan yang diteliti tentunya akan membutuhkan data-data penelitian yang semakin banyak, sehingga diperlukannya pendekatan dalam penyajian data yang ada agar lebih mudah untuk dipahami.
Secara umum statistik memiliki makna sebagai data yang berupa angka dan dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi informasi yang berarti mengenai suatu masalah. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan, ilmu statistik (statistika) ikut berkembang dan terimplementasi dalam pendekatan penyelesaian suatu permasalahan. Peranan dari statistik sendiri digunakan sebagai mengorganisasikan dan meringkas informasi sehingga dapat terinterpretasikan dalam penyajian yang dapat dimengerti dan dapat memberikan jawaban berdasarkan hasil kalkulasi yang ada.Pendekatan ilmu statistik tentunya akan memberikan hasil yang valid bila pengumpulan data dan metode riset yang digunakan mengikuti prosedur ilmiah yang ditentukan.

TENTANG PENULIS BUKU
Drs. Morissan, S.H, M.A Ph.D., yang lahir pada tanggal 1 Mei 1965 di Palembang, Sumatera Selatan. Morissan mendapatkan gelar Ph.D., ini di School of Communication, Universiti Sains Malaysia (USM) Penang, Malaysia. Untuk mendapatkan gelar Ph.D., nya tersebut Morissan membuat disertasi mengenai "Political Economy and Performance of Contemporary Indonesian Television Industry."
Morissan bekerja sebagai korespondensi, editor dan news producer di berbagai media nasional maupun international seperti Reuters (Britain), Associated Press (US), Metro TV (Indonesia) dan Antara News selama kurang lebih 15 tahun. Saat ini, Morissan menjadi salah satu staff pengajar tetap di Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercubuana Jakarta.

TENTANG BUKU
Buku Statistik Sosial terbitan Kencana merupakan karangan dari Morissan. Buku yang terbit pada bulan oktober 2016 di kota Jakarta ini berisikan tentang dasar hingga contoh implementasi ilmu statistik pada kehidupan sosial. Pada pengantar penulis buku menjabarkan bahwa tujuan penulisan buku bukan hanya terbatas pada mengajarkan metode statistik melainkan juga untuk mengajarkan prinsip-prinsip berpikir objektif dan logis sebagai hal yang sangat esensial bagi ilmu pengetahuan dan juga berharga dalam kehidupan sehari-hari. Pemikirann penulis didasari dari pandangan bahwa mahasiswa ilmu sosial seringkali beranggapan bahwa ilmu statistik  merupakan ilmu yang tidak relevan dengan pendidikan ilmu sosial. Padahal penulis beranggapan bahwa ilmu pengetahuan ilmiah menjadi fondasi bagi berdirinya ilmu sosial, maka selama itu pula pengetahuan statistik  tetap diperlukan.
Penyusunan bab buku yang dilakukan secara sistematis memberikan kesan bahwa penulis ingin mengajarkan materi yang ada mulai dari hal general seperti definisi statistik, hipotesa, jenis variabel yang ada pada suatu penelitian. Kemudian penulis masuk pada hal yang berhubungan dengan data mulai dari teknik penarikan data, karakteristik data hingga hal-hal yang menjadi perhatian akan data tersebut. Pada bagian yang lebih kompleks menjabarkan tentang pengujian suatu hipotesis dengan beberapa jenis pengujian tergantung pada data yang tersedia dan hasil yang diharapkan dalam penelitian. Berikut materi yang disajikan dalam buku:
1. Bab 1: Pendahuluan
2. Bab 2: Populasi dan Sampel
3. Bab 3: Karakteristik Data
4. Bab 4: Tabel Distribusi Frekuensi
5. Bab 5: Kesalahan Sampel
6. Bab 6: Kurva Normal & Skor Z
7. Bab 7: Uji Hipotesis
8. Bab 8: Statistik Uji-T
9. Bab 9: Uji-T Dua Sampel Independen
10. Bab 10: Analisis Varian
11. Bab 11: Statistik Korelasi
12. Bab 12: Regresi Linier
Pengemasan materi dalam buku seringkali diilustrasikan melalui gambar, tabel dan grafik, sehingga ketika pembaca mencoba memahami materi akan lebih mudah. Selain hal tersebut pennyampaian materi menggunakan contoh-contoh kasus yang ada pada kehidupan sehari-hari seperti mahasiswa yang mengikuti perkuliahan, nilai dalam suatu kelas, perilaku bayi dalam memandang foto wajah seseorang dan lainnya memberikan kesan bahwa ilmu statistik yang ada memang mudah untuk diimplementasikan dalam kehidupan sosial.
Penulis mencoba mengajak pembaca untuk dapat memahami ilmu statistik secara logis dan dapat dibayangkan. Pengemasan materi yang seolah membawa pembaca dapat membayangkan dengan mudah fenomena yang terjadi dari penggunaan ilmu statistik tersebut memberikan kesan bahwa penulis ingin menjadikan buku ini sebagai pegangan bagi mahasiswa dalam memahami konsep dan implemetasi ilmu statistik. Selain itu pembaca diajak untuk dapat memahami lebih lanjut terkait materi yang ada melalui latihan soal yang disediakan. Latihan soal yang tersedia disajikan dengan urutan berdasarkan kompleksitas masalah dari soal tersebut. Hal tersebut membuat ketika seorang pembaca memulai untuk mengerjakan latihan soal dari nomor 1, maka penyelesaian soal akan dimulai dari hal yangg mendasar dalam materi seperti pengertian akan materi dan pada soal terakhir akan lebih kompleks mengenai suatu contoh kasus. Buku ini juga memberikan jawaban dari setiap soal latihan yang ada, sehingga ketika pembaca kesulitan dalam memahami atau menyelesaikan suatu soal latihan akan ada contoh penyelesaiannya.
Pada setiap akhir bab terdapat penulisan ringkasan yang akan memberikan kemudahan bagi pembaca untuk memahami poin penting yang ada pada setiap materi. Sehingga ketika pembaca mencoba untuk memahami poin utama dari setiap materi, pembaca hanya perlu untuk membaca ringkasan yang tersedia saja. Pada akhir buku dituliskan tentang indeks atau daftar kata yang penting sehingga memberikan kemudahan bagi pembaca dalam pencarian. Contoh dari indeks yang ada seperti "Distribusi Data" Terdapat pada halaman 71, 80, 82, 87, 88, 91, 92 san 140.

KELEBIHAN BUKU
Berdasarkan pemaparan yang telah disampaikan, buku ini dapat menjadi referensi bagi mahasiswa yang ingin lebih memahami terkait ilmu statistik. Segementasi mahasiswa memang disasar dengan background penididikan ilmu sosial, akan tetapi dari cara penulisan buku dan penjabaran yang ada ternyata buku ini dapat digunakan oleh siapapun dengan background pendidikan apa saja. Penjabaran yang mendertail dan menggunakan contoh permasalahan yang ada pada kehidupan sehari-hari memberikan kesan related bagi pembaca. Penyusunan materi yang terstuktur dari materi umum hingga kompleks akan memberikan kemudahan bagi pembaca awam untuk memahami materi yang ada. Terdapatnya contoh soal dan jawaban pada setiap materi memberikan kemudahan untuk para pembaca untuk mengerti dan mengaplikasikannya kepada penelitian yang sedang disusun atau dilakukan. Selain itu penggunaan EYD (ejaan yang disempurnakan) yang baik membuat pembaca akan minim untuk menimbulkan penafsiran yang salah atas materi yang ada. Design yang digunakan pada cover buku ini cukup sederhana namun menarik. Perpaduan warna yang digunakan yakni  merah, putih, kuning dan maroon membuat pembaca merasa nyaman atas perpaduan warna yang tidak terlalu kalem dan tidak terlalu mencolok tersebut. Judul yang lebih ditonjolkan sepertinya memang hal yang amat sangat ingin disampaikan oleh penulis bahwa bukan design cover buku yang akan dijual namun isi materi yang ada didalamnya ini.

KEKURANGAN BUKU
Adanya kelebihan pada buku tentu bukan berarti tidak ada kekurangan di dalamnya. Untuk mencapai keseimbangan pada resensi buku ini saya akan menjabarkan beberapa hal yang menurut saya menjadi kekurangan pada buku ini.
Pertama, harga buku yang terbilang cukup mahal yakni sekitar Rp. 120.000 yang dijual di toko-toko buku yang sudah mempunyai nama brand yang besar. Harga tersebut terbilang cukup mahal untuk kalangan mahasiwa dengan social economic status (SES) yang menengah ke bawah.
Kedua, buku ini memang memudahkan pembaca untuk memahami isi materi dengan penjabaran-penjabaran studi kasus yang ada, namun hal lainnya tak sedikit kata atau kalimat yang diulang sehingga membuat kesan buku ini bertele-tele dan tidak to the point dan efesien dalam penggunaan kata dan kalimat.
Terakhir, seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa pengemasan materi dalam buku seringkali diilustrasikan melalui gambar, tabel dan grafik. Tetapi, gambar, tabel dan grafik tersebut hanya terdapat dibeberapa bab saja. Seharusnya ilustrasi-ilustrasi tersebut seperti gambar, tabel dan grafik tersedia di setiap sub pembahasan untuk memudahkan pembaca memahami lebih lagi mengenai materi yang ada pada buku.

PENUTUP
Secara keseluruhan, buku ini bisa direkomendasikan dan menjadi referensi kepada mahasiswa untuk memahami terkait ilmu statistik. Segementasi mahasiswa memang disasar dengan background penididikan ilmu sosial, akan tetapi dari cara penulisan buku dan penjabaran yang ada ternyata buku ini dapat digunakan oleh siapapun dengan background pendidikan apa saja.
Namun, penggunaan bahasa yang baku dan kompleks pada buku ini membuat buku ini tidak cocok untuk semua kalangan. Pada anak SMP atau SMA yang dimana masih remaja dan belia tetapi mempunyai ketertarikan yang lebih ke dalam dunia statistic dan baru mempelajarinya mungkin akan kesulitan untuk memahami dan memaknai buku Statistika Sosial ini.

DAFTAR PUSTAKA
Morissan. 2016. Statistika Sosial. Jakarta: Kencana.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x