Mohon tunggu...
Dinda Fahma
Dinda Fahma Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Media dan Pemasaran Global

16 November 2018   08:20 Diperbarui: 16 November 2018   09:08 400
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Globalisasi terus berkembang di berbagai belahan dunia dan sulit rasanya suatu negara menghindari dampak globalisasi. Negara-negara dengan sistem perekonomian sosialis juga terkena arus globalisasi dan beberapa negara sosialis bahkan komunis sekalipun sudah ada yang menerapkan sistem perekonomian kapitalis sebagai dampak dari liberalisasi perdagangan atau perdagangan bebas, misal negara Rusia, RRC, Vietnam. 

Perdagangan bebas sendiri adalah bentuk globalisasi dalam bidang ekonomi atau bisnis. Mungkin masih ada beberapa negara yang tidak terlalu ambil pusing terhadap globalisasi seperti Korea Utara yang memang menutup diri dari pergaulan dunia ataupun Kuba yang masih malu-malu membuka diri terhadap negara Barat yang kencang menghembuskan pentingnya perdagangan bebas bagi kemajuan perkonomian dunia.

Konsep pemasaran global menjadi semakin klop ditengah derasnya arus globalisasi yang melanda dunia. Salah satu faktor yang mendukung semakin tidak adanya batas antar negara adalah munculnya teknologi internet. 

Angelides (1997) mengatakan "Pada masa lalu Internet utamanya untuk riset, pemerintah dan lembaga pendidikan. Sekarang, internet terbuka untuk individu dan bisnis dan konsekuensinya bisnis lewat internet menjadi segemen yang bertumbuh paling cepat. Dengan meniadakan batas-batas perekonomian antar bangsa maka perusahaan telah mengubah cara berkir bagaimana mereka menyelenggarakan bisnis mereka. 

Dalam persaingan bisnis yang sangat ketat maka perusahaan dapat mencapai pelanggan mereka secara lebih efektif. Internet dengan alam yang global dan kolaboratif dapat menolong perusahaan dalam hal memelihara hubungan yang positif dengan pelanggan. 

Sekarang ini dalam era internet banyak orang yang beranggapan bahwa pemasaran internet adalah salah satu bentuk pemasaran global karena melalui internet maka sudah mencakup seluruh dunia. 

Pendapat tersebut mungkin saja benar dalam arti sempit kalau hanya berpatokan kepada "wilayah dunia" apakah itu lewat dunia maya ataupun dunia nyata. 

Namun konsep pemasaran global lebih dari sekedar menawarkan produk melalui internet yang menurut pendapat Philip Kotler itu adalah contoh dari pemasaran langsung. Pemasaran global dalam implementasinya mencakup tentang apa yang disebut produk global atau merek global, misalnya CocaCola, McDonalds, Disney, Microsoft dan lain-lain.

Mengenai peran media dalam proses globalisasi tersebut, Thompson (2000: 202) mengemukakan sebagaimana dapat dilihat pada kutipan di bawah ini.

"The reordering of space and time brought about by the development of the media is part of broader set of processes which have transformed (and are still transforming) the modern world. These processes are commonly described today as 'globalization'"

Pada bagian lain, Thompson (Rantanen, 2006:9) mengemukakan bahwa perkembangan media baru dan komunikasi tidak hanya dalam jaringan-jaringan transmisi informasi di antara individu yang masih mempunyai hubungan-hubungan sosial. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun