Mohon tunggu...
Muda

Peran Pemuda dalam Menjaga NKRI dan Ideologi Bangsa Indonesia

21 Mei 2018   09:35 Diperbarui: 21 Mei 2018   09:39 0 0 0 Mohon Tunggu...

NAMA                          : DINDA DEVIANA

NIM                               : 933400717 

SMT/KLS                     : II / D

            

Peran Pemuda dalam Menjaga NKRI dan Idelogi bangsa Indonesia

Begitu Miris jika pemuda di Indonesia tidaklah memiliki moral yang baik. Negara itu bisa maju dilihat dari bagaimana peran pemuda didalamnya. Peran pemuda bagi bangsa Indonesia sangatlah penting  dalam menumbuhkan rasa nasionalisme untuk membentengi diri dari berbagai ancaman yang bersifat radikalisme dan disini saya juga  teringat hikayat Bung Karno Presiden Pertama Kita bahwa beliau pernah berkata " Berikan aku sepuluh pemuda , Maka akan ku guncangkan Dunia".

Dan Pemuda merupakan tongak penerus bangsa, Maka sudah menjadi tugas pokok kita sebagai pemuda dan penerus tonggak bangsa Indonesia sebaiknya menghindarkan diri dari hal-hal yang bersifat Radikalisme dan Tidak melupakan Ideologi yang sudah terkandung dalam Ideologi bangsa Indonesia sendiri yang semua itu akan dapat menghancurkan persatuan bangsa yang telah disatukan mati-matian oleh para leluhur kita terdahulu.

Selain para pemuda tidak kalah pentingnya bagi para orang tua. Orang tua merupakan awal terbentuknya sebuah Pribadinya seorang Anak dan merupakan lingkungan pertama yang dikenal oleh seorang anak sebelum anak mengenali lingkungan lainnya, maka disini orang tua juga sangat berperan penting bagi anak-anak nya yang akan tumbuh besar menjadi seorang pemuda. 

Dalam membangun dan menciptakan lingkungan yang baik dan mengarahkan anak maupun mendidiknya mulai sejak usia dini supaya dalam kelangsungan pertumbuhan seseorang anak dapat terarah dan berjalan menuju perubahan yang baik. Serta mengajari moral sejak awal atau ajaran agama sejak dini agar mempermudah orang tua untuk mengontrol ankanya dimasa mendatang, sebab jika tidak ada didasarkan dengan pendidikan moral dan pendidikan agama, maka anak akan terjerumus ke hal negatif dan kurang baik.

Selain peran Orang tua peran Guru disekolah juga penting, karena guru merupakan teladan kedua setelah orang tua yang dikenali seorang anak. Sikap Guru, bagaimana guru mengajarkan serta yang lainnya disitu semua akan ditiru oleh seorang siswanya. 

Apalagi siswa smp merupakan siswa yang baru saja selesai dari sekolah dasarnya dan baru lepas dari masa kanak-kanaknya pembetukan moral paling sulit itu pada masa anak SMP sebab dia masih pencarian jati dirinya. Jika kita mengajarkan Moral terhadapnya jangan sampai kita hanya berbicara tentang apa itu moral tapi juga contohkan lah bagaimana sikap moral yang harus dipelajari dirumah, disekolah, dilingkungan masyarakat, dll.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x