Mohon tunggu...
Dinda OctavianaTiwow
Dinda OctavianaTiwow Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi baca novel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

4 Oktober 2022   13:58 Diperbarui: 4 Oktober 2022   14:03 44 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi Hominisasi adalah salah satu program yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Parahyangan yang bertujuan untuk menambah wawasan kita dengan mengasah otak untuk bisa berpikir menggunakan logika. Program ini diawali dengan kita mendaftar di Gfrom yang sudah diberikan lalu kita akan di berikan tugas yang pada bagaian pertama membahas tentang pendapat kita mengenai lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan kita di kasih list video lalu kita disuruh pilih satu dari list tersebut lalu kita memberi tanggapan.

Pada hari H kita dibagi dalam beberapa kelompok, didalam kelompok tersebut kita diharuskan membuat presentasi, bisa dalam bentuk podcast, drama, talkshow, debat, dan lain-lain. Kita juga sudah dibagikan  tema yang harus dibahas didalam kelompok. Di akhir diskusi setiap kelompok diminta menampilkan hasil presentasinya dan akan dipilih satu dari setiap breakout room untuk dipilih pemenangnya lalu akan di lomba kan lagi. Pengalaman yang saya dapat setelah mengikuti Geladi Hominisasi ini adalah cara berpikir kritis di setiap saat dan pelajaran baru dalam menyampaikan presentasi dan bagaimana cara bekerja dalam kelompok.

Menurut saya kemampuan menggunakan logika dan bahasa di perlukan sebagai warga negara karena saat kita berpikir dengan logis membuat kita mampu menganalisis permasalahan dengan ilmiah dan runtut, sedangkan kemampuan bahasa di perlukan untuk bisa berkomunikasi dengan masyarakat dari berbagai macam suku.

Manfaat yang didapat setelah mengikuti Geladi Hominisasi adalah menambah wawasan  dalam berdinamika berkelompok, mulai dari pembagian tugas, mengumpulkam informasi, berdiskusi dan lainnya. Saya dapat belajar bagaimana caranya menyatukan pemikiran dalam berkelompok. Kemampuan yang saya pelajari dari Geladi Hominisasi yang akan saya terapkan dalam perjalanan kuliah saya adalah kemampuan menyampaikan pendapat dan bekerja dalam kelompok, di dunia perkuliahan 2 kemampuan tersebut sangat penting karena kita dituntut harus bisa mempunyai pendapat dan dalam mengerjakan tugas seringkali mendapatkan tugas yang diharuskan berkelompok.

Cara meningkatkan kemampuan dalam berpikir dan berbahasa sebagai warga negara adalah mencoba menggunakan logika di setiap saat, contohnya adalah menggunakan logika saat kita membaca suatu berita lalu di samping itu kita juga bisa sekaligus melatih kemampuan bahasa kita dengan memulai diskusi mengenai berita yang dibaca.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan