Mohon tunggu...
dinas iriandana
dinas iriandana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Menulis adalah bekerja untuk keabadian ~Pram

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Mahasiswa KKN UM Menginisiasi Warga Desa untuk Melakukan Penghijauan Lingkungan

3 Juli 2019   10:38 Diperbarui: 3 Juli 2019   14:32 166 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM Menginisiasi Warga Desa untuk Melakukan Penghijauan Lingkungan
Pembukaan Secara Simbolis oleh Perangkat Desa. Source: Dokumen Penulis

DOC -- Malang,  23 Juni 2019. Mahasiswa KKN UM di Desa Patokpicis, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang mengadakan kegiatan penanaman bibit pohon dan buah untuk masyarakat Desa Patokpicis. Kegiatan ini dilaksanakan pada pagi hari di Desa Patokpicis yang lokasinya dibagi lagi di 4 dusun, yaitu Dusun Sumbersuko, Dusun Klakah, Dusun Bangsri, dan Dusun Patokpicis. Jenis bibit yang ditanam adalah bibit pohon dan buah, yakni pohon akasia, buah manga, buah sirsak, buah nangka, dan buah matoa.

Abbas sebagai ketua pelaksana acara ini mengungkapkan kepada kami bahwa ada sebanyak 215 bibit tanaman yang akan ditanam pada kegiatan tersebut, dan kemudian semuanya itu dibagi-bagi lagi agar ditanam di 4 lokasi yang berbeda. Banyak golongan masyarakat yang terlibat pada acara penanaman bibit ini, mulai dari kelompok kerja mahasiswa KKN UM, perangkat desa, pemuda, POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata), hinga masyarakat biasa yang semuanya saling bersinergis untuk melakukan penghijauan desa.

Penanaman Bibit Tanaman. Source: Dokumen Penulis
Penanaman Bibit Tanaman. Source: Dokumen Penulis

Setiap dusun mendapatkan jatah 50 bibit tanaman yang kemudian di tanam di pinggir jalan dan di sekitar rumah warga. Selain didalam perkampungan, bibit tanaman ini juga ada yang ditanam di lokasi wisata yaitu "WIKEN" (Wisata Kampung Enem) yang berada di Dusun Bangsri, Desa Patokpicis.

Dengan dilakukan acara penanaman bibit tanaman ini harapannya semoga dapat bermanfaat bagi warga dan juga lingkungan sekitar berupa buah yang dapat dinikmati dikemudian hari, dan pepohonan yang rindang juga dapat dijadikan penghijauan lingkungan agar udara segar dan tanah tidak gersang.

Kelompok Kerja Mahasiswa KKN UM Desa Patokpicis. Source: Dokumen Penulis
Kelompok Kerja Mahasiswa KKN UM Desa Patokpicis. Source: Dokumen Penulis

VIDEO PILIHAN