Mohon tunggu...
dinas iriandana
dinas iriandana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Menulis adalah bekerja untuk keabadian ~Pram

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa KKN UM 2019 Mengadakan "Penyuluhan Kesehatan Penyakit TBC" di Desa Patokpicis

22 Juni 2019   18:59 Diperbarui: 22 Juni 2019   19:02 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mahasiswa KKN UM 2019 Mengadakan "Penyuluhan Kesehatan Penyakit TBC" di Desa Patokpicis
Mahasiswa KKN dan Masyarakat Desa Patokpicis. Source: Dokumen Penulis

Malang 17 Juni2019, Mahasiswa KKN UM di Desa Patokpicis Kec Wajak Kab Malang mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan penyakit TBC untuk masyarakat desa Patokpicis dan sekitarnya.  Kegiatan ini memberikan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan sehingga terhindar dari penyakit TBC dan dampak psikologi terhadap orang yang terkena penyakit tersebut.

TBC  atau  Tuberculosis adalah infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang dan merusak jaringan tubuh manusia. Bakteri tersebut bisa ditularkan melalui saluran udara. TBC biasanya menyerang paru-paru, bahkan hingga menyerang kebagian tulang, kelenjar getah bening, system saraf pusat, jantung dan organ lainnya.

Kegiatan Penyuluhan oleh Pihak Kesehatan. Source: Dokumen Penulis
Kegiatan Penyuluhan oleh Pihak Kesehatan. Source: Dokumen Penulis

Penyuluhan kesehatan ini adalah serangkaian kegiatatan program kerja mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang. Peserta yang  menghadiri penyuluhan ini berjumlah sekitar 71 orang bertempat di posyandu Desa Patokpicis.  Yang menjadi narasumber pada kegiatan penyuluhan kesehatan ini adalah Bapak Ibnu Madha., Amd. Kep. dan Anisa Mukti Ningrum.

Peserta Penyuluhan Kesehatan. Source: Dokumen Penulis
Peserta Penyuluhan Kesehatan. Source: Dokumen Penulis
Acara ini bertujuan untuk mengedukasi warga agar mengenali apa itu penyakit TBC dan bagaimana cara pencegahannya. Acara ini dibuka oleh Ibu Dinar Nacita Amd, Kep selaku bidan dan penangggung jawab Desa Patokpicis. Acara ini berlangsung kurang lebih 2 jam dari pukul 09.00- 11.00 WIB di Posyandu Utama Desa Patokpicis Kec Wajak Kab Malang.

Penyuluhan ini juga berkolaborasi dengan mahasiswi jurusan Psikologi Universitas Negeri Malang sebagai pemateri berupa Psikologi Kesehatan terhadap penyakit TBC, sehingga warga dapat mengetahui bagaimana cara menanggulangi peyakit TBC dalam kehidupan sehari-hari.  Kegiatan penyuluhan ini berlangsung dengan lancar, mengingat antusias warga yang cukup besar untuk menambah wawasannya tentang penyakit TBC.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x