Mohon tunggu...
Dina Sarifah
Dina Sarifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi FTIK UINSI

Saya adalah mahasiswa Uinsi Samarinda, Hobi saya adalah membaca dan mendengarkan musik.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implementasi Sila Kelima Pancasila

5 Desember 2022   12:47 Diperbarui: 5 Desember 2022   13:16 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bunyi yang termuat dalam Sila kelima pancasila "keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia" Bermakna bahwa keadilan sosial adalah keadilan yang berlaku untuk semua warga negara baik secara batin ataupun rohani. Sila kelima pancasila ini merupakan satu kesatuan yang didasari dan dijiwai oleh Sila lainnya. Keadilan yang ada di dalam sila ke-5 selalu berhubungan dengan hak dan kewajiban. 

Hak dan kewajiban yang tidak seimbang menjadi salah satu tanda bahwa keadilan sosial sedang tidak baik-baik saja.Hak dan kewajiban harus selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga kestabilan Sila ke-5. Dengan menjalankan hak dan kewajiban kita sebagai rakyat Indonesia, maka keadilan sosial akan berjalan dengan baik. Sehingga sesama rakyat Indonesia bisa saling peka dalam pembangunan nasional. 

Penerapan Sila kelima pancasila bisa dilakukan dengan cara menghormati hak orang lain, mengembangkan sikap adil terhadap sesama. Implementasi dalam lingkungan kampus, Seorang ketua memberikan tugas yang merata dan sesuai dengan kemampuan anggotanya,tidak pilih-pilih dalam berteman. 

Untuk membentuk generasi bangsa yang bermoral dan berkualitas tentunya memerlukan beberapa proses dalam penciptaannya. Salah satunya dengan membekali mereka dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila sebab Pancasila merupakan Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa dalam menjalankan kehidupannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun