Kalau zaman dahulu alias zamannya orangtua dan kakek-nenek saya, kegiatan berbelanja itu ya pergi membeli barang ke supermarket atau department store. Berbeda dengan zaman sekarang ketika kegiatan berbelanja tidak melulu harus berpindah tempat, dengan kata lain bisa di rumah, di kantor, di tempat terpencil, di mana saja asalkan ada koneksi internet dan ponsel pintar. Terlebih lagi, sekarang para penjual (disebut seller) makin kreatif dalam menjajakan barang dagangannya berkat adanya media sosial atau medsos, seperti facebook, twitter, dan akhir-akhir ini sedang tren berjualan via Instagram dan LINE. Aktivitas berjualan dan berbelanja melalui media sosial inilah yang disebut Social Shopping.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SOCIAL SHOPPING
Berbagai kemudahan pilihan berbelanja melalui Social Shopping membuat para pembeli (disebut buyer), juga semakin jeli dalam membelanjakan uangnya. Buyer pastinya akan pilih-pilih toko yang kredibel, alias bisa dipercaya bahwa barang yang dipesan sesuai keinginan dan uang yang dibayarkan sampai ke tangan seller dengan selamat. Berhubung toko-toko yang dipilih wujudnya hanya bisa dilihat dalam bentuk akun online di medsos, maka berbagai kekhawatiran dari pihak buyer pastinya ada. Entah itu tokonya bohong-bohongan, barang yang dijual juga sebenarnya tidak ada. Seller pun tidak kalah kuatir, bisa jadi transfer yang dilakukan buyer tersebut fiktif, artinya tidak pernah terjadi transfer ke rekeningnya.
Jadi, bedakan ya antara online shopping dengan Social Shopping. Kalau online shopping adalah aktivitas jual beli secara online via internet yang biasanya dilakukan melalui situs-situs besar e-commerce; maka Social Shopping aktivitas jual beli online juga, via internet juga, tapi penjualannya melalui akun media sosial saja, dan buyer hanya bisa melakukan pembayaran secara manual.
Nah, untuk menjawab segala kekhawatiran di atas, PT Smartfren Telecom Tbk meluncurkan UANGKU, sebuah aplikasi yang dapat diunduh melalui ponsel pintar dan berfungsi seperti e-money atau alat pembayaran elektronik. Melalui acara Nangkring Kompasiana yang digelar tanggal 30 Oktober 2016 yang lalu, Kompasianer diajak mengulik lebih dalam mengenai manfaat pemakaian UANGKU sebagai alat pembayaran untuk berbagai aktivitas jual beli di internet, bahkan bisa digunakan untuk membayar berbagai tagihan seperti listrik dan telepon, serta alat diskon untuk gerai-gerai yang bekerjasama dengan UANGKU.
Saya, sebagai salah satu Kompasianer yang hadir dalam acara Nangkring Kompasiana tersebut mendapatkan saldo Rp 100.000,- dari UANGKU untuk dibelanjakan di merchant-merchant yang bekerjasama dengan UANGKU. Kebetulan banget saya baru diterima bekerja kantoran di sebuah perusahaan di Jakarta, dan memerlukan tambahan baju untuk bekerja sehari-hari di kantor.
BER-SOCIAL SHOPPING DENGAN UANGKU
Awalnya saya terpikir untuk membeli blus batik. Pilihan saya jatuh ke Emma Butik, salah satu fashion merchant yang sudah bergabung dengan UANGKU dan menjual bermacam variasi motif atasan batik serta menurut saya sesuai dengan gaya anak muda. Namun ternyata batik saya masih banyak, sehingga saya memilih model baju lain. Berhubung saya belum punya blus polos yang bisa dipadupadankan, maka saya pilih blus polos warna putih lengan panjang yang style-nya lumayan feminin dengan siluet lebar. Begitu pula dengan bawahan, kebanyakan bawahan saya berupa rok atau celana panjang hitam, jadi saya pilih warna dan model lain yang agak cerah yaitu celana kulot warna merah.
Komunikasi via WhatsApp dengan Emma Butik berlangsung lancar. Emma Butik juga komunikatif serta responsif menjawab setiap pertanyaan yang saya lontarkan, bahkan mengajukan beberapa saran. Misalkan, cashback promo 25rb untuk setiap pembelanjaan Rp 100,000,-; atau cashback 50rb jika berbelanja sebesar Rp 200.000,- dalam bentuk saldo di akun UANGKUÂ buyer.
Selain itu ada juga promosi ongkos kirim gratis melalui Popbox, yaitu loker pengambilan barang pesanan yang tersedia di gedung perkantoran, mal dan stasiun. Artinya, barang dikirim ke loker yang kita mau dari berbagai pilihan loker yang ada, dan kita sendiri sebagai buyer yang mengambil barang pesanan ke loker. Tapi berhubung letak lokernya tidak ada yang dekat dengan kost dan kantor, dan ongkirnya hanya 9rb saya pikir tidak mengapa deh langsung dikirim ke alamat kost.
MENAMBAH SALDO UANGKU & UPGRADE
Oya, sebelumnya saya menyebutkan bahwa saldo yang diberikan UANGKU sebesar Rp 100.000,-, namun berhubung pembelanjaan saya di atas angka tersebut, maka saya harus menambah saldo terlebih dahulu di akun UANGKUÂ saya.
1. Transfer ATM
2. Internet Banking
3. Mobile Banking
4. Bisa juga dengan Cash Top-Up, atau menambah saldo melalui cara tunai, yaitu dengan mendatangi gerai Smartfren di Jalan Sabang atau di kawasan BSD Tangerang.
Upgrade akun UANGKU ke akun premium artinya Anda mendapat manfaat lainnya dari fitur UANGKU, yaitu bisa mentransfer dana ke akun UANGKU punya orang lain (misalkan teman, saudara, keluarga), dan bisa juga dimanfaatkan untuk tarik tunai. Yup, jadi sisa saldo di akun UANGKU Anda bisa diuangkan juga, asalkan sudah di-upgrade terlebih dahulu. Â
FITUR UANGKU
Selain untuk ber-Social Shopping, mentransfer dana, masih banyak lagi fitur-fitur lainnya yang bisa Anda manfaatkan dengan e-money UANGKU ini. Ada fitur pembayaran tagihan rutin seperti telepon, air, listrik, gas, internet, tivi kabel hingga asuransi kesehatan. Lalu ada fitur pembayaran belanja offline dengan merchant-merchant yang bekerjasama dengan UANGKU melalui Pay by QR Code. Bahkan ada juga fitur pembelian kredit games buat yang hobi main online games.
Di bawah ini saya buat video berdurasi 58 detik mengenai UANGKU sebagai aplikasi smartphone yang berfungsi sebagai alat pembayaran untuk Social Shopping dan berbagai keperluan pembayaran lainnya.
*
Dari uraian saya di atas, diharapkan para pengguna dapat merasakan keamanan dan kemudahan ber-Social Shopping melalui UANGKU, karena sesuai dengan tagline UANGKU sendiri, “let’s be FUNancially Betterâ€, aplikasi e-money ini menjadi salah satu alternatif pembayaran yang teraman dan termudah. Selain itu, penggunanya dapat mengelola uangnya dengan cara menyenangkan. Kita tunggu saja yuk grand launching-nya di awal tahun 2017 ;).