Dina Mariana
Dina Mariana

A person who like to know more about science and health.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Mengantar Buku untuk Anak-anak hingga ke Pelosok

18 Juli 2018   17:04 Diperbarui: 19 Juli 2018   00:28 2288 5 1
Mengantar Buku untuk Anak-anak hingga ke Pelosok
Dok Pribadi

Tim Donasi Buku Sekadau merupakan suatu komunitas yang dibentuk sejumlah pemuda dan pemudi yang ada di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. Komunitas yang dinamai Donasi Buku Sekadau itu, dibentuk lantaran keprihatinan mendengar keluh kesah orang tua yang anaknya kesulitan mendapatkan buku bacaan atau pelajaran untuk saat belajar di rumah. 

Saat melihat ke lapangan, keprihatinan kami semakin bertambah. Kondisi nyata, dimana anak-anak seakan 'jauh' dari buku. Hal ini lah yang membuat para pemuda tersebut secara spontan membuat gerakan. Gerakan kecil yang diharapkan bisa membantu anak-anak.

Dok Pribadi
Dok Pribadi
Tidak mudah memang membangun kesadaran orang banyak tentang pentingnya membaca. Hanya segelintir orang saja yang mau membantu mewujudkan cita-cita para pemuda itu. Bisa menyalurkan sebanyak mungkin buku ke wilayah-wilayah yang anak-anak disana membutuhkan buku.

Dok Pribadi
Dok Pribadi
Jalan yang ditempuh untuk ke lokasi juga tidak semuanya mulus. Ada yang melewati lumpur, menyeberangi sungai. Semua dilalui agar buku-buku itu bisa sampai ke tempat sasaran penyerahan buku.

Tim ini banyak dibantu orang-orang baik. Buku yang terkumpul itu kemudian disalurkan ke sekolah-sekolah dan perkampungan. Sambutan mereka yang mendapatkan buku ini sungguh luar biasa. 

Membangun kesadaran, memang tak semudah membalikan telapak tangan. Buku yang tidak terpakai, rupanya bisa bermanfaat bagi orang lain. 

Saat ini sudah 12 tempat yang telah didatangi Tim Donasi Buku. 12 tempat itu didatangi dalam rentan waktu sejak September 2017 lalu. 

Tak hanya membutuhkan buku bacaan, anak-anak juga membutuhkan alat tulis serta buku tulis. Lagi-lagi, karena keterbatasan yang ada, Tim Donasi Buku hanya menyalurkan buku seadanya.

Tim Donasi Buku Sekadau pernah dihubungi salah satu mahasiswa di Yogyakarta. Rencananya mereka akan menyalurkan buku-buku ke Sekadau. Hanya saja, mereka menyatakan komunitas tersebut tidak masuk dalam jaringan pustaka bergerak. Artinya, jika pengiriman buku melalui PT Pos tidak gratis.

Tim Donasi Buku Sekadau memutar otak agar niat baik adik-adik mahasiswa itu bisa tersalurkan. Solusinya sudah disepakti. Komunitas tersebut akan menanti buku-buku itu. 

Sejauh ini, Tim Donasi Buku Sekadau berdiri mandiri. Tak ada bantuan yang mengikat. 

Harapan Tim Donasi Buku tidak muluk-muluk. Semakin banyak menyalurkan buku ke anak-anak hingga ke pelosok-pelosok. Mendekatkan buku, menumbuhkan minat baca kepada anak-anak.