Mohon tunggu...
Dina M
Dina M Mohon Tunggu... -

A person who like to know more about science and health.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Aksi Jadi 'Guru Sehari' di Batu Kumpang

19 November 2017   18:33 Diperbarui: 19 November 2017   18:45 400 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penyampaian materi kepada anak-anak di Batu Kumpang, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau. | DOK.PRIBADI

Menjadi 'guru sehari' merupakan gerakan yang dilakukan sebagai rangkaian aksi memberi buku tebar manfaat (Donasi Buku Sekadau). Adapun aksi tersebut menyasar ke Kampung Batu Kumpang, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, pada Minggu (19/11).

Anak-anak di Batu Kumpang pun begitu antusias, mulai dari tingkat PAUD hingga SMP larut dalam pembelajaran yang dikemas dengan menyenangkan itu. Materi yang dipaparkan, mulai dari pendidikan agama, kearifan lokal, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) hingga mengenalkan berbagai permainan tradisional.

Mengenalkan permainan tradisional kepada anak-anak di Batu Kumpang, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau.| DOK.PRIBADI
Mengenalkan permainan tradisional kepada anak-anak di Batu Kumpang, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau.| DOK.PRIBADI
Gerakan menjadi guru sehari itu, dilakukan sebagai wujud untuk mendekatkan anak-anak dengan buku dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Hal ini juga dilakukan agar anak-anak tidak tergerus oleh arus kemajuan teknologi dan informasi.

Bersama anak-anak usai memperkenalkan permainan tradisional. | DOK.PRIBADI
Bersama anak-anak usai memperkenalkan permainan tradisional. | DOK.PRIBADI
Aksi menjadi guru sehari merupakan gerakan perdana yang dilakukan empat orang; saya sendiri Dina, Akhmal, Samsul dan Trino. Masing-masing kami datang dari berbagai latar belakang dan profesi yang berbeda-beda. Hanya satu tujuan, yaitu bersama-sama memulai suatu gerakan.

Langkah tersebut dilakukan karena adanya kepedulian khususnya dibidang pendidikan. Dengan dukungan banyak pihak; terutama para donatur yang mendonasikan buku-bukunya aksi yang dimulai pada September lalu hingga saat ini terus berjalan.

Menarikanya, setelah selesai kegiatan, anak-anak pada bertanya 'besok kesini lagi ndak, kak? Atau 'kapan kesini (Batu Kumpang-red) lagi'. Ternyata, sambutan mereka begitu antusias dan ini menjadi semangat tersendiri bagi kami.

Terimakasih kepada pihak Desa Sungai Ringin, Kadus Kapuas dan masyarakat Batu Kumpang dan Bhabinkamtibmas Polsek Sekadau Hilir. Mudah-mudahan, aksi ini berjalan secara kontinue. Insya Allah dalam waktu dekat buku hasil donasi akan kami salurkan di wilayah-wilayah lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan