Dina Lavender Hafilah

Otomotif Pilihan

Menjelajah Kalimantan dengan Datsun

23 Januari 2016   07:45 Diperbarui: 30 Januari 2016   17:36 132

Menjelajah Kalimantan dengan city car? Sepertinya tidak pernah terpikir sebelumnya. Suatu kesempatan dan tantangan dari Datsun untuk menjelajah Kalimantan menggunakan Datsun Go+ Panca. Pada awal Januari 2016 saya (Dina)  dan kedua teman saya (Fika dan Tari) mendaftarkan diri di website acara yang diadakan oleh Datsun (www.datsunrisersexpedition.com) setelah mendapatkan informasi dari salah satu teman kami yang mengikuti acara tersebut sebelumnya. Pada tanggal 14 Januari 2016, kami mendapatkan pesan via whatsapp dari Mas Kevin dari tim Kompasiana sebagai event organizer acara Datsun Risers Expedition untuk meminta konfimasi apakah kami siap untuk melakukan perjalanan dari Balikpapan ke Banjarmasin (19 – 21 Januari 2016). Kami sangat tertarik untuk mengikutinya dan kami siap untuk berangkat.

Datsun Risers Expedition adalah program yang diadakan Datsun untuk menjelajah Indonesia menggunakan mobil Datsun Go Panca dan Go+ Panca. Pesertanya adalah para blogger kompasiana dan masyarakat umum. Tujuan dari program ini adalah membuktikan bahwa mobil Datsun dapat digunakan dengan nyaman di segala medan. Setelah selesai menjelajah Jawa, Bali, Lombok dan juga Sulawesi, kali ini saatnya menjelajah Kalimantan. Perjalanan di Kalimantan dibagi menjadi 3 etape. Perjalanan kami adalah perjalanan etape 2.

[caption caption="Rencana Perjalanan Etape 2 Kalimantan"][/caption]

Perjalanan di mulai pada tanggal 19 Januari 2016. Kami berangkat bersama peserta laninya dan juga panitia dari Bandara Soekaro Hatta Jakarta pada jam 05.35 WIB menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Sekitar pukul 9 WITA kami sampai di Bandara Sepinggan Balikpapan. Keluar dari Bandara kami sudah disambut oleh tim Datsun. Setelah melakukan sesi foto di Bandara, Kami menuju Dealer Nissan Gunung Malang menggunakan mobil Datsun Go+ Panca yang dikendarai oleh salah satu tim dari Datsun. Dealer tidak jauh dari Bandara. Sesampainya kami di dealer Nissan, kami langsung melakukan briefing dengan panitia mengenai perjalanan dan juga petunjuk berkendara. Setelah briefing, dilanjutkan dengan makan siang, sambutan dari pihak Datsun, dan sesi foto.

Perjalanan hari pertama dari dealer Nissan menuju Tanah Grogot dan bermalam di hotel Aston Tanjung. Kami adalah tim Riser 1 yang diberi nama tim Panda.

[caption caption="This is us."]

Tim kami memiliki nama sendiri karena hanya kami tim yang semuanya wanita. Risers terdiri dari 5 mobil yang masing-masing terdiri dari 3 orang. Total mobil yang melakukan perjalanan adalah 14 mobil yang terdiri dari crew dan media. Sekitar pukul 12.30 WITA, Kami berangkat dari dealer Nissan menuju pelabuhan untuk menyebrang ke kabupaten Penajam.

Perjalanan berlangsung seru sekali dengan komunikasi antar mobil menggunakan HT (handy talky) dan jalanan yang sangat menantang. Salut dengan kekompakan risers dan para crew yang membuat convoy berjalan tertib dan menyenangkan. Jalanan yang kami lalui naik turun, sering bertemu dengan truk besar dan sering kali menemui jalan rusak.

Setelah beberapa jam perjalanan, kami sampai di rumah makan untuk makan malam yang terlalu awal karena masih sore hari. Kami makan di rumah makan Pani yang menyediakan macam-macam makanan diantaranya ayam, udang, ikan, dan juga rusa. Para risers sangat tertarik untuk mencoba daging rusa.

Perjalanan dilanjutkan dan langit semakin gelap. Perjalanan kali ini sangat menegangkan dan membutuhkan konsentrasi tinggi. Jalan berliku-liku, naik turun, banyak lubang, tidak ada lampu jalan, dan melewati hutan serta beberapa kali diguyur hujan.

Performansi mobil Datsun sangat diuji disini. Kami salut dengan mobil Datsun Go+ Panca karena dapat melewati jalanan yang ekstrim walaupun memiliki ukuran yang kecil. Mobil kuat menanjak dan tergolong nyaman untuk melewati jalan berlubang karena penumpang masih nyaman untuk tidur di mobil. Kami juga bertemu dengan jalanan yang sangat rusak karena menurut informasi bahwa sebelumnya terjadi longsor sehingga jalan pun licin penuh tanah. Beberapa mobil sempat slip. Jalanan semakin hancur sebelum perbatasan antara Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Namun semua dapat dilalui dengan mobil Datsun walau ada beberapa mobil yang mati mesin karena tidak dapat momentum untuk menanjak dan juga slip di jalan yang licin. Perjalanan kali ini sangat menegangkan. Tantangan yang luar biasa dari Datsun Risers Expedition. Jalan mulai mulus setelah memasuki Kalimantan Selatan. Dengan tubuh yang lelah, ngantuk, penerangan yang minim, salut untuk Fika yang nyetir pada malam itu. Beberapa risers lain pun sudah banyak yang tertidur dan nyetir sendirian :(