Mohon tunggu...
Dina Finiel Habeahan
Dina Finiel Habeahan Mohon Tunggu... Guru - be do the best
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

BE A BROTHER FOR ALL

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Seni Menutup Hari

10 Mei 2021   20:47 Diperbarui: 10 Mei 2021   20:59 283
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari." 

(Matius 6: 34)

Sahabat-sahabat K-Ner, setelah saya bersibuk ria sepanjang hari ini,saya hendak menenangkan diri sebentar untuk mereview kembali segala pekerjaan,perkataan dan tindakan yang telah saya lakukan. Banyak hal yang baik yang sudah kulakukan,banyak juga orang-orang yang terlibat dalam perjalananku hari ini. Saat ini aku hanya bisa bersyukur seraya memetik hikmah dari perjalanan hidup hari ini dan menjadi pembelajaran untuk esok hari.

Sebelum saya memejamkan mata untuk merajut mimpi tak bersarang,saya hendak berbagi tips kepada kita semua. Inilah tips dan seni menutup hari ala saya. Simpel,sederhana namun khasiatnya mantap. Tiga hal penting yang perlu saya uraikan untuk menutup hari ini dan inilah yang menjadi persembahanku yang harum mewangi bagi Allah. Ketiga hal inilah yang selalu saya lakukan setiap kali hendak menutup hari-hariku sebelum memejamkan mata merajut mimpi tak bersarang,hehehe

 Pertama, bersyukurlah

 Karena demgan bersyukur saya mampu menjalani hari ini dengan baik kendati perjalananku  diwarnai dengan keletihan. Bahkan seandainya pun ada rasa kecewa dan kesal yang tersisa,saya tidak akan  lupa menghaturkan syukur karena syukur itu adalah cara terbaik bagiku untuk berterimakasih kepada-Nya. Karena bagi saya Syukur adalah salah satu cara untuk mengakui secara tulus tentang kebaikan Allah yang tiada tara. Syukur adalah sikap kerendahan hati bahwa tanpa Dia saya tidak bisa berbuat apa-apa.

Kedua , Berdoa

Memadukan rasa syukur itu dalam doa yang terucap. Selalu Berdoa atas segala pengalaman hari ini baik senang maupun tidak menyenangkan, gembira maupun yang sedih, suka maupun duka. Doa adalah salah satu alat komunikasi yang paling jitu dalam hidup. Setelah melahap cinta-Nya sepanjang hari baiklah jika saya memberitahu kepada-Nya apa dampak dari segala cinta yang telah saya habiskan. Jadi,Dengan doa itu saya akan mengisi malamku dengan penuh berkat dari Allah. Saya yakin bahwa Dia akan mengganjari orang yang berdoa dengan tulus. Alasan satu-satunya saya berdoa sebelum tidur adalah  agar Dia melindungiku malam ini sehingga nantinya saya bisa berangkat ke peraduan tidurku dengan penuh damai. Berdoa dalam keheningan akan membuat saya semakin nyaman dan damai.

Ketiga, tersenyumlah. 

Setiap kita pasti merasa senang ketika kita mampu melihat senyum terpancar dari wajah seseorang. Nah,tersenyum bukan hanyauntuk dilihat orang saja. Saya juga senang ketika mendapati diriku dalam ssituasi tersenyum. Dengan tersenyum itu artinya saya mampu  mengisi hatiku dengan damai dan kesejukan. Saya tidak mau membiarkan segala keletihan dan rasa penat hari ini mengusik malamku yang teduh bersemayamkan kasih Allah. Saya mau berkat segala kebaikan yang telah kulakukan hari ini menjadi bantal empuk bagiku dan aku berharap sukacita hari ini akan menyembuhkan segala rasa letih. Tersenyumlah pada rembulan malam agar ia tak enggan memelukmu pada malam ini. 

Ingatlah,Dengan senyum berarti kita menutup hari ini dengan kemenangan dan esok hari kita siap menyambut hari yang baru. Senyum adalah cara terindah untuk menutup hari ini. Dengan senyum berarti kita telah mewarnai malam ini dengan pesona kasih yang lembut. 

Selamat malam.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun