Mohon tunggu...
Dina Finiel Habeahan
Dina Finiel Habeahan Mohon Tunggu... Guru - be do the best
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

BE A BROTHER FOR ALL

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Membangun Etos Kerja Kristiani (APP 2)

27 Februari 2021   22:22 Diperbarui: 28 Februari 2021   23:27 928 33 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membangun Etos Kerja Kristiani (APP 2)
Cerdika.com

Etos adalah suatu karakteristik dari semangat seseorang atau sekolompok orang. Etos kerja adalah dasar pemikiran,semangat,cara kerja seseorang atau sekelompok orang dimana ia bekerja. Sedangkan etos kerja kristiani merupakan dasar pemikiran dan semangat umat kristiani dalam kerja yang diresapi oleh rencana dan kehendak Allah.

Etos kerja yang sejati hanya mungkin dimiliki dan dilakukan oleh orang yang percaya kepada Tuhan. Sebab hakikat dari setiap pekerjaan adalah pelayanan. Tuhan ingin kita melakukan pekerjaan baik yang sudah Tuhan siapkan,bukan melulu untuk mencari nafkah atau mengaktualisasikan diri semata menurut kehendak kita sendiri. Lebih dari itu,Tuhan ingin pekerjaan yang kita lakukan mewakili karya kreatif Allah untuk membaharui dan membangun dunia.

Maka itu kegiatan kerja umat kristiani diharapkan diresapi oleh karakteristik seperti kejujuan,ketekunan,kesetiaan,cinta kasih,kerendahan hati,persaudaraan,tepat waktu,bekerja sama, kecepatan dalam menguaah satu kesempatan ,kesediaan diri memandang jauh kedepan,kesediaan untuk mengubah diri,sederhana.kerajinan,mengikuti rasio pemikiran untuk mengambil sebuah keputusan atau tindakan dan efisien dalam segala hal.

Etos kerja bertujuan untuk mengkawal pekerjaan agar seuai dengan kehendak Allah dan tertuju kepada kesejahteraan dunia. Dengan karakteristik itu kerja menjadi kegiatan yang membangun dan membaharui dunia seturut encana Allah sejak awal penciptaan. Karakteristik kerja seperti itu akhirnya membuat nyata apa yang disebut dengan " Manusia sebagai citra Allah".

Manusia diciptakan secitra dengan Allah dan ditempatkan untuk menaklukkan bumi. Oleh karena itu sejak semula manusia dipanggil untuk bekerja.Yang dimaksudkan dengan kerja ialah kegiatan manusiawi baik kerja tangan ataupun kegiatan akal budi untuk mengolah dan melestarikan dunia sesuai dengan mandat dan kehendak Allah.

Kerja itu adalah salah satu ciri yang membedakan manusia dengan mahluk ciptaan lainnya. Hanya kita (manusia)lah yang mampu bekerja dan serta merta dengan kerja mengisi hidup kita didunia ini. Ada 3 fungsi kerja yakni :

a. Fungsi reproduksi material artinya dengan bekerja manusia bisa memenuhi kebutuhnnya.

b. Fungsi integritas sosial artinya dengan bekerja manusia mendapatkan status di masyarakat.

c. Fungsi pengembangan diri artinya dengan bekerja manusia mampu secara kreatif menciptakan dan mengembangkan dirinya sehingga dipandang sebagai warga yang bermanfaat dan bermartabat.

Mari kita bekerja dengan berpegang teguh pada prinsip-prinsip etos kerja kristiani. Dan setiap kita harus bekerja untuk memenuhi panggilan Allah. Bekerja bukan hanya untuk mencari nafkah tetapi juga untuk mengaktualisasikan diri agar berkembang dan memperoleh kesejahteraan.

Semoga..

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x